Bupati Purwakarta Ajak KostraTani Kreatif Menanam

IN
Oleh inilahcom
Minggu 05 Juli 2020
share
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berbincang dengan petani - (Foto: Inilahcom/Dok)

INILAHCOM, Purwakarta - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kabupaten Purwakarta selaku Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) harus lebih aktif dengan cara-cara kreatif mengajak petani menanam hortikultura khususnya sayuran untuk kebutuhan daerah.

Hal itu pula yang mendorong Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didukung para pemangku kepentingan mengembangkan Kebun Ambu seluas enam hektare di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes.

"Pemerintah kabupaten merancang lahan seluas enam hektare menjadi kebun sayur dan buah-buahan. Kita namai Kebun Ambu. Fungsinya ganda, untuk edukasi petani, laboratorium bagi pelajar dan mahasiswa sekaligus obyek wisata," kata Bupati Anne RM kepada pers usai panen buah dan sayuran di Kebun Ambu, belum lama ini.

Bupati Anne RM mengingatkan para penyuluh di KostraTani mengajak petani binaannya menanam sayuran untuk memenuhi kebutuhan lokal, agar tidak tergantung pada suplai dari luar kabupaten.

Menurutnya, lahan milik pemerintah di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes memang dirancang sebagai sarana edukasi menanam sayuran bagi petani Purwakarta didampingi penyuluh dari KostraTani.

"Purwakarta tidak masalah dengan padi, karena selalu surplus, begitu pula dengan target produksi beras 2020. Saya mengharapkan dengan adanya Kebun Ambu akan mendorong lebih banyak petani Purwakarta menanam sayuran," kata Bupati Anne RM sebagaimana dikutip Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan BPPSDMP).

Penyuluh Pusat, Yulia Tri Sedyowati di Kementerian Pertanian selaku pendamping kegiatan penyuluhan pertanian di Provinsi Jawa Barat mengatakan program dan kebijakan Bupati Anne RM sejalan dengan instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Ketersediaan pangan terpenuhi apabila seluruh insan pertanian dari seluruh Indonesia berkomitmen sama untuk fokus pada upaya peningkatan produksi pangan," kata Yulia TS mengutip arahan Mentan Syahrul.

Sementara Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menyoroti fungsi Kostratani oleh BPP yang berfungsi sebagai pusat: data dan informasi, pembelajaran untuk penyuluh dan petani, gerakan pembangunan pertanian, konsultasi agribisnis dan pengembangan jejaring kemitraan.

"KostraTani tempat kita berkumpul dengan cara-cara baru. Kita tinggalkan pola lama. Kita gunakan pendekatan teknologi 4.0 untuk menyatukan petani dan penyuluh di seluruh Indonesia dengan Kementan di Jakarta. Kita hapus sekat pusat dan daerah," kata Dedi Nursyamsi.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Pemkab Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan mengatakan tujuan lain Kebun Ambu sebagai kebun wisata adalah mengajak masyarakat lebih mencintai pertanian.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan BPPSDMP) Leli Nuryati menambahkan KostraTani yang berada kecamatan, merupakan locust pembangunan pertanian untuk mendukung program strategis Kementan dengan Kostrada di tingkat kabupaten dan Kostrawil di tingkat provinsi. [yha]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA