Bareng EP Jokowi, RIB Gelar Rapid Test di Sarinah

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Selasa 07 Juli 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggelar rapid test dan swab test massal di Halaman Parkir Sarinah, Jakarta Pusat. Dalam rapid test ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggandeng Entrepreneur & profesional (EP) For Jokowi.

Penunjukan lokasi di Sarinah ini untuk mengakomodir masyarakat sekitar khususnya para pegawai kantoran di tengah ibu kota untuk mengecek kesehatannya terkait Virus Corona (Covid-19). Kuota yang disiapkan yakini 1.000 kit alat rapid test.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Uno mengungkapkan pihaknya bersama EP For Jokowi berkomitmen tinggi untuk membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menggelar rapid test sebagai pencegahan penularan Covid-19.

"Apa yang bisa kita lakukan kita lakukan. Apapun sekecil apapun sangat bermanfaat memutus rantai penyebaran Covid-19. Kami melihat sekarang angka tinggi sekali dari yang tertular maupun yang wafat. Rapid Test sebagai upaya pencegahan," ucap Sandiaga di Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (7/7/2020).

Sandiaga menjelaskan dengan bergandengan tangan, maka ia yakin Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19. Selain dengan rapid test dan swab test, Sandi mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kita harus sama-sama jangan saling menyalahkan. Kalau kita solid, kompak protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin, maka kita akan mampu atasi pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketum EP For Jokowi, Hasnil Fajri mengatakan bahwa bersama relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, pihaknya akan terus bergerak menggelar rapid test di berbagai wilayah khususnya di Jabodetabek. Hasnil mengajak masyarakat untuk peka terhadap lingkungan dengan melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 lewat rapid test atau mematuhi peraturan protokol kesehatan.

"Kami berbahagia bahwa acara ini terlaksana dengan baik. Ini merupakan wujud nyata kami relawan baik EP For Jokowi maupun relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk membantu pemerintah ya untuk melawan Covid-19 dimana saat ni masih banyak, karena kita masih merah ya belum bebas. Tentunya acara seperti ini akan banyak manfaat khusunya buat penduduk Jakarta. Kami ada di seluruh Indonesia. Khusus di jakarta di semua titik akan kita sambangi," pungkasnya.

"Kita harus bersama, karena Covid-19 adalah musuh bersama. Mari kita jaga, tetap cuci tangan dan jangan lupa mandi kalau pulang rumah. Dan ikut rapid test minimal 2 minggu sekali supaya kita merasa aman dengan keluarga, teman dan lain-lain," sambung dia.

Presiden Direktur PT. Sarinah (PERSERO), Gusti Ngurah Putu Sugiarta yang juga hadir dalam kegiatan ini mengucapkan terima kasih kepada relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dan EP For Jokowi yang telah menggelar test cepat Covid-19 secara gratis di Sarinah.

"Saya atas nama manajeman sarinah menyampaikan terima kasih sekali lagi atas kerjasama, dukungan dari tim relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 maupun EP for Jokowi dan seluruh partisipasi dari manajeman sarinah dan jajaran yang pagi ini dan masyarakat sarinah yang menikmati.. tentu sejak wabah ini kita masuk ke negeri kita, kita merasakan perlu membuat test cepat," ujarnya.

Gusti bersyukur Sarinah dipilih menjadi lokasi rapid test. Ia kemudian mengajak masyarakat untuk bergandeng tangan melawan Virus Corona (Covid-19).

"Kami bersyukur bisa diberi peluang untuk ikut test gratis ini. Kita berharap bisa ikuti protokol protokol penanganan Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan kita bersama-sama perang melawan Covid-19 dengan harapan semuanya mudah-mudahan sehat," tuturnya.

Rapid Test dan swab test massal ini berlangsung sejak pukul 07.00 Wib bertempat di Halaman Parkir gedung Sarinah, Jakarta Pusat. Masyarakat umum dipersilakan untuk mengikuti test cepat deteksi dini Covid-19.

Dalam rapid test ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menyiapkan 1.000 alat rapid kit untuk mengakomodir masyarakat. Selai alat rapid, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga menyiapkan 2 unit mobile laboraturium untuk melakukan uji swab test dan Policymer Chain Reaction (PCR) test. PCR test diperuntukan bagi warga yang menunjukan hasil reaktif dari rapid test.

Sebanyak 40 tenaga medis profesional dikerahkan oleh Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dalam kegiatan ini. Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 berkomitmen tinggi untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA