WNA Prancis Predator 305 Anak Dibekuk Polisi

HC
Oleh Happy CH Karundeng
Kamis 09 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus dugaan eksploitasi seksual dan ekonomi 305 orang anak. Dari pengungkapan ini, polisi menangkap seorang Warga Negara Asing asal Prancis bernama FAC alias Frans (65).

"Penyidik Subdit Renakta Ditreskrimum PMJ berhasil pengungkapan kasus ekspolitasi ekonomi dan seksual terhadap anak di bawah umur yang dilakukan WN asing di Jakarta ini. Tersangka atas nama FAC alias Frans sudah cukup berumur yakni 65 tahun," katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/7/2020).

Nana menyatakan, penyelidikan kasus berawal saat Subdit Renakta PMJ mendapatkan informasi dari jaringan. Kemudian tim melakukan penyelidikan dan mendatangi salah satu hotel sekitar lokasari.

"Kemudian pada kamar ditemukan WN asing dalam setengah telanjang bersama dua orang anak dengan kondisi telanjangang dan setengah telannang, Dari situ kita amankan ke PMJ," ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam penyelidikan diketahui FAC sudah melakukan aksi bejadnya selang tiga bulan terakhir dengan total korban mencapai 305 anak. Ia menjelaskan, modus yang dilakukan adalah fotografi. Korban diimingi menjadi foto model.

"Dalam penyelidikan, diperoleh keterangan WN tersebut selama 3 bulan melakukan pencabulan dengan kedok fotografi. Istilah child sex groomer," ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat menjelankan aksinya, tersangka juga merekam adegan demi adegan dengan kamera tersembunyi. Dugaan sementara total korban yang diexploitasi predator anak ini berdasarkan total jumlah video yang ditemukan penyidik di Laptop FAC.

"Total angka 305 korban itu sesuai dengan jumlah video yang ditemukan di Laptop pelaku. Itu berdasarkan data video yang ada di laptop dalam bentuk film. Seluruh data. Saat beraksi dia merekam video dengan kamera tersembunyi," jelasnya. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA