Begini Cara Pelaku Ambil Data Denny Siregar

WN
Oleh Willi Nafie
Jumat 10 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - FPH, karyawan Outsourching yakni customer Grapari Telkomsel Rungkut Surabaya, Jawa Timur diam-diam mengambil data pegiat media sosial Denny Zulfikar Siregar.

Hal tersebut dilakukan dengan cara mengcapture kemudian mengirimkan ke akun @opposite6891 lewat direct message (DM) di Twitter.


"Jadi karena data itu ada di sistem jadi tidak bisa di copy paste, sehingga pelaku mengcapture dan mengirimkan ke akun @opposite6891 lewat DM di Twitter," ujar Kasubdit I pada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Polisi Reinhard Hutagaol, Jumat (10/7/2020).

Usai mendapat data Denny Siregar tanpa izin, akun media sosial @opposite6891 menyebarkan ke media sosial Twitter.


Sebulumnya, tak butuh waktu lama, pelaku yang mengambil data aktivis media sosial Denny Zulfikar Siregar tanpa izin di database Telkomsel berhasil dibebuk Bareskrim Polri.

Pelaku diketahui berinisial FPH, karyawan Outsourching sebagai customer Grapari Telkomsel Rungkut Surabaya, Jawa Timur.

Kasubdit I pada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Polisi Reinhard Hutagaol mengungkapkan FPH mengambil data Denny Siregar tanpa izin di database Telkomsel kemudian dikirimkan ke akun media sosial @opposite6891, lalu disebarkan oleh akun tersebut ke media sosial Twitter.


"Jadi karena data itu ada di sistem, jadi tidak bisa di copy paste, sehingga pelaku mengcapture dan mengirimkan ke akun @opposite6891 lewat DM di Twitter," kata Reinhard, di Gedung Bareskrim Polri, Jumat (10/7/2020).

FPA diketahui bukan bagian dari tim akun @opposite6897, namun hanya simpatisan dan tidak menyukai postingan Denny Zulfikar Siregar. Barang bukti disita dari pelaku berupa KTP, ponsel pintar, komputer dan satu unit simcard Telkomsel milik pelaku.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA