Amankan 11 Orang Tersangka Dalam 11 Hari

Polres Mojokerto Sita 11,83 Gram Sabu

HC
Oleh Happy CH Karundeng
Selasa 14 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Mojokerto - Sebanyak 11,83 gram sabu dan 360 butir pil double diamankan Satnarkoba Polres Mojokerto dan Polsek jajaran selama kurun waktu 11 hari. Sebanyak 11,83 gram sabu dan 360 butir pil double L tersebut diamankan dari 11 orang tersangka.

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander mengatakan, pengungkapan kasus narkotika dan zat adiktif tersebut dimulai tanggal 25 Juni sampai 6 Juli 2020. "Ada kurang lebih 8,22 gram sabu yang diamankan Satnarkoba dan dari polsek sebanyak 3,61 gram sehingga total ada 11,83 gram," ungkapnya.

Selain narkotika jenis sabu, lanjut Kapolres, juga diamankan pil double L sebanyak 360 butir. Barang bukti tersebut didapat dari 11 orang tersangka dari sembilan laporan polisi, yang mana dari 11 orang tersangka adalah sebagian besar sebagai bandar dan pengedar dengan sasaran usia produktif.

"Sasaran peredaran masih didominasi usia produktif, yang mana di sini adalah usia remaja. Kami masih telusuri tapi itu tidak menutup kemungkinan sampai tingkat pelajar. Juga masih dilakukan pengembangan dari mana masuknya barang haram tersebut ke wilayah hukum Polres Mojokerto," katanya.

Kasat Narkoba Polres Mojokerto, AKP Yogi Ardi Khristanto menambahkan, secara hasil dari data dan data penangkapan mengalami penurunan. "Namun tidak terlena dengan hanya angka saja, kami percaya masih ada peredaran lain yang tidak terdeteksi, sehingga kami komitmen," tegasnya.

Meski di masa pandemi, lanjut Kasat, pihaknya terus memberantas persoalan narkoba untuk melindungi generasi bangsa dari kerusakan narkoba. Menurutnya, terjadi penurunan dikarenakan masa pandemi yang mungkin dipengaruhi ekonomi baik pemakai maupun yang mengedarkan.

Sementara itu, salah satu tersangka Mulyawan Ainul Yaqin (22) asal Desa Kebon Dalem, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto mengaku tahu jika narkoba bisa merusak generasi bangsa. "Tahu. Karena enak, enak rasanya. Nge-fly. Saya juga pakai, sudah 7 bulan," tegasnya.

Sebanyak 11 orang tersangka tersebut diamankan anggota Satnarkoba Polres Mojokerto sebanyak tujuh orang tersangka, satu orang tersangka diamankan Polsek Jatirejo dan tiga orang tersangka diamankan Polsek Mojosari. Para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (1) Subs Pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA