Pemkab Sidoarjo Bantu 84 Kampung Tangguh Semeru

HC
Oleh Happy CH Karundeng
Rabu 15 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Sidoarjo - Sebanyak 84 Kampung Tangguh Semeru (KTS) menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Secara simbolis pemberian bantuan ini diselenggarakan di kantor Kecamatan Sidoarjo Kota Jalan Pahlawan, Selasa (14/7/2020).

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin secara simbolis menyerahkan bantuan operasional sebesar Rp 10 juta untuk masing-masing KTS.

"Inilah peran dari masyarakat dengan adanya Kampung Tangguh Semeru. Sedangkan peran pemerintah dari sisi kuratif yakni menyiapkan rumah sakit, ruang isolasi dan lain sebagainya, " ujar Nur Ahmad Syaifuddin.

Lebih lanjut Cak Nur mengatakan, keberadaan Kampung Tangguh Semeru juga berfungsi untuk upaya promotif dan preventif. "Itu tugas masyarakat dengan diwujudkan KTS. Di dalam KTS juga ada upaya edukatif, filterasi dan penanganan dampak sosial seperti lumbung desa, ruang kesehatan maka ini disebut upaya kuratif di tingkat desa, " jelas Cak Nur

Dengan adanya KTS masyarakat bisa teredukasi, sehingga pasien yang terkonfirm positif Covid-19 bisa sembuh, juga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Dengan adanya transisi new normal maka KTS bisa menjadi ujung tombak untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Bantuan ini sifatnys stimulus atau pendorong untuk pertahankan peran dari KTS," kata Cak Nur.

Lebih lanjut Cak Nur juga menghimbau, memasuki kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19, agar masyarakat tetap mematuhi segala protokol kesehatan.

"Kehidupan ini harus segera mengikuti adaptasi kebiasaan baru. Diharapkan pada saat transisi grafiknya membaik. Keberanian itu harus diikuti kedisiplinan pola hidup sehat dan ketaatan masyarakat mengikuti protokol kesehatan," pesannya.

Kegiatan ini dihadiri Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana beberapa pejabat utama Polresta Sidoarjo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sidoarjo, Fredik Suharto serta Forkopimda Sidoarjo.

Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana berharap dengan apresiasi dari Pemkab Sidoarjo ini, Kampung Tangguh Semeru dapat terus lestari. Karena peran serta masyarakat bersama tiga pilar di desa-desa, diharapkan dapat berperan maksimal guna menekan penyebaran Covid-19. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA