Bikin SIM Internasional di Rumah Aja?, Ini Caranya

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Rabu 15 Juli 2020
share
(Foto; Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Korlantas Polri meluncurkan inovasi dalam pembuatan SIM internasional dari rumah saja tanpa harus hadir ke Satpas Korlantas Polri, Jakarta. Terobosan ini untuk memudahkan masyarakat membuat SIM Internasional tanpa harus bertatap muka.

"Sebuah terobosan inovasi baru untuk pelayanan publik di korlantas kaitannya dengan pelayanan sim internasional di rumah saja. Jadi, masyarakat yang memohon SIM internasional cukup dengan aplikasi daftar sampai rumah nanti ada mekanismenya yang udah diatur langsung diterima oleh masyarakat," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Kantor NTMC Polri, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Istiono mengatakan terobosan ini bertujuan untuk meminimalisir pertemuan tatap muka dalam pelayanan publik sehingga dapat memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan tetap mengutamakan keamanan sistem jaringan dan juga untuk mendukung forensik kepolisian di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Ini sebuah langkah terobosan di era adaptasi kebiasaan baru yang memang bertujuan untuk memutus COVID-19. Kami hindari kerumunan-kerumunan massa," ucapnya.

Pembuatan SIM Internasional dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu cukup mengakses siminternasional.korlantas.polri.go.id atau cukup menulis kata kunci SIM internasional melalui browser di ponsel atau komputer.

Kemudian melakukan registrasi secara daring dengan melakukan pengisian data diri dengan mengunggah foto SIM yang masih berlaku, KTP, paspor, foto KITAP (khusus WNA), pasfoto dengan warna latar belakang putih dan foto tanda tangan.

Selanjutnya pemohon memilih cara pengambilan SIM internasional.

Pengambilan dapat diambil sendiri di Kantor Pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman PT. Pos Indonesia atau Gojek.

"Kami kerja sama dengan Bank BRI, PT Pos dan Gojek. Pengiriman pos untuk pemohon di luar kota. Pengiriman via Gojek untuk pemohon di Jakarta," ujar mantan Kapolda Babel ini.

Terakhir, Istiono mengatakan bahwa SIM Internasional sudah dijalankan jauh-jauh di 92 negara termasuk Indonesia. Di masa pandemi Covid-19 ini, Korlantas Polri ingin memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat untuk mengurus SIM Internasional tanpa harus tatap muka.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA