KSAD Paparkan Penanganan Covid-19 ke KSAD se-Asean

IN
Oleh inilahcom
Selasa 21 Juli 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa bersama pimpinan Angkatan Darat (AD) negara Asean menggelar teleconference dalam rangka berbagi pengalaman untuk menghadapi pandemi Covid-19 di negara masing-masing. Andika dalam kesempatan itu turut memaparkan soal peran TNI AD dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Adapun para pimpinan AD negara Asean yang ikut dalam teleconference itu diantaranya Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Philipina, dan lainnya. Awalnya, Andika menjelaskan bahwa TNI AD memiliki 68 Rumah Sakit yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Rumah Sakit itu membantu menangani pasien-pasien Covid-19.

"Kami juga memiliki 68 RS TNI AD yang siap menerima dan memberikan pertolongan untuk pasien di seluruh Indonesia," ucap Jenderal Andika dalam teleconference tersebut seperti dikutip dalam keterangannya, Selasa (21/7/2020).

Andika memaparkan bahwa Indonesia telah melakukan beberapa riset seperti terapi Plasma Konvalesen sebagai upaya penyembuhan pasien yang terjangkit Covid-19. Selain itu, TNI AD bersama Universitas Airlangga Surabaya dan badan Pemerintahan tengah melakukan riset untuk menemukan obat anti Covid-19.

"Kami sedang melakukan riset dan sedang berjalan menggunakan darah pasien plasma konvaleasen dari pasien yang sudah sembuh total kemudian memberikannya kepada pasien yang masih terinfeksi," ujarnya.

"Ini sedang berjalan dan belum dapat hasilnya. Namun ini menjanjikan," sambung dia.

Pertemuan virtual itu diharapkan jadi sarana untuk saling membantu dan saling menguatkan negara asean dalam menghadapi pandemi Covid-19. Andika juga mendengarkan paparan dari pimpinan AD negara lain. Andika tak menutup kemungkinan strategi AD negara lain bisa diterapkan di Indonesia.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA