Karyawan Pertamina Mogok, TNI AD Bantu Suplai BBM

IN
Oleh inilahcom
Rabu 22 Juli 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Adanya aksi mogok para karyawan pertamina PT. Pertamina yang terjadi di Balongan, Indramayu, Jawa Barat membuat TNI AD bergerak untuk membantu masyarakat.

Sebagaimana perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Kapusbekangad, Mayjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo, TNI AD mengerahkan pasukan Batalyon Bekang 3/Rat untuk mengemudikan truk tanki bahan bakar ke SPBU-SPBU agar suply BBM tetap aman untuk kebutuhan masyarakat.

"TNI AD mengerahkan 51 prajurit Yon Bekang 3/Rat dalam menyalurkan bahan bakar sebanyak 3.090 L," ujar Kapusbekangad Mayjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo, Rabu (22/7/2020).

Aksi TNI AD ini merupakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Sebab, tugas TNI AD selain perang adalah menjaga stabilitas ekonomi pemerintahan.

Rencana aksi mogok yang diperkirakan selama 4 hari tersebut, akan berdampak buruk pada perekonomian nasional serta operasional masyarakat. Oleh karena itu, sudah sepatutnya TNI AD hadir di tengah - tengah masyarakat.

"Rencananya kami mempersiapkan untuk 4 hari aksi mogok, namun pada hari ke 4 para karyawan sudah surrender sehingga kami hanya membantu selama 3 hari," ujarnya.

Bantuan yang diberikan oleh TNI AD merupakan sebuah kewajiban setiap prajurit untuk menjalankan operasi militer selain perang terutama dalam menjaga ekonomi nasional tetap kondusif.

"Tugas yang kita lakukan kemarin merupakan upaya memenuhi undang-undang TNI No. 34 Tahun 2004 dalam melaksanakan operasi militer selain perang. Salah satu tugasnya adalah membantu pemerintah daerah," ungkapnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA