Ketua KPK Sosialiasi Program Pemberantasan Korupsi

IN
Oleh inilahcom
Minggu 26 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia untuk mensosialisasikan strategi dan program pemberantasan korupsi.

"Dalam rangka menunaikan tugas negara sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang Nomor 19 tahun 2019. Salah satu perwujudannya telah saya lakukan di beberapa daerah seperti Sulawesi Barat, Sumetera Selatan dan kemarin, Jumat di Provinsi Bangka Belitung," kata Firli dalam keterangan resminya, Minggu (26/7/2019).

Dalam masa Pandemi Covid-19 ini, Firli mengingatkan aparatur pemerintah setempat untuk menjaga anggaran percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan digunakan sepenuh-penuhnya bagi kepentingan masyarakat.

"Jangan coba-coba ngakali apalagi berani menyelewengkan anggaran tersebut. Saya melihat aparatur Pemda Bangka Belitung mulai dari gubernur, bupati, wali kota, forkopimda, ASN, pihak swasta dan warga masyarakatnya, betul-betul berupaya maksimal mengatasi penyebaran pandemi Covid-19. Saya kira wajar saja jika Bangka Belitung menjadi salah satu provinsi terbaik dalam penanganan Covid 19," tuturnya.

Firli menambahkan, anggaran percepatan penanganan pandemi Covid-19 mulai dari pengadaan barang dan jasa serta penyaluran bantuan sosial selama masa pandemi, menjadi fokus pengawasan dari KPK, sebagaimana tertuang dalam Pasal 6 huruf c UU Nomor 19 Tahun 2019.

"Saya ingatkan, jangan main-main. Ini menjadi perhatian penuh KPK. Terlebih dana penanganan Covid-19 sebesar Rp. 695,2 triliun dari APBN maupun APBD, adalah uang rakyat yang harus jelas peruntukannya dan harus dapat dipertanggung jawabkan penggunaannya," tandasnya. [fad]

# TAG
KPK

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA