Libur Idul Adha,Kakorlantas Cek Pengamanan Merak

IN
Oleh inilahcom
Rabu 29 Juli 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Merak - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan pengamanan di Pelabuhan Merak, Banten jelang hari raya idul adha 1441 Hijriyah. Istiono menyatakan anggotanya dibantu tim ASDP Pelabuhan Merak dan TNI telah siap untuk mengamankan hari raya idul adha 1441 H.

"Agenda hari ini kita yang jelas mengecek jalur persiapan arus menuju di Pelabuhan Merak, Banten menuju Lampung di mudik ini, diperkirakan nanti puncaknya besok," ucap Istiono di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (29/7/2020).

Istiono mengatakan pada peninjauan kali ini, ia mendengarkan paparan dari General Manager (GM) ASDP Pelabuhan Merak serta Dirlantas Polda Banten. Paparan itu mengenai strategi kesiapan pengamanan arus mudik idul adha 1441 H untuk mengantisipasi adanya lonjakan kendaraan..

"Oleh karena itu kita pastikan, kita tadi merapat di ASDP. dan disitu kita menerima presentasi dari GM ASDP kesiapan pengelolaan di area pelabuhan ini seperti apa, kemudian juga ada paparan dari dirlantas serta kesiapan pengamanan di sini seperti apa dan dijelaskan semua dan saya yakin kesiapan mereka sudah maksimal semua," ucapnya.

Jenderal bintang dua ini memprediksi adanya lonjakan kendaraan sebanyak 16 persen pada kendaraan roda empat. Sementara pada roda dua diperkirakan akan ada peningkatan volume kendaraan sebanyak 6 persen.

Untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan tersebut, 68 kapal dioperasikan dengan 6 dermaga dan 1 dermaga eksekutif.

"Tadi disampaikan GM ASDP juga untuk peningkatan arus yang akan mudik disini diperkirakan roda empat ini mengalami peningkatan sekitar 16 persen dan roda dua sekitar 6 persen. Namun itu bisa di cover dengan 68 kapal yang beroperasi disini. Yang dioperasionalkan disini ada 6 dermaga dan 1 eksekutif. Dan sekarang kita tinjau di lapangan aktivitas disini dengan kondisi yang tergelar sekarang baik personel mudah-mudahan lancar sampai hari puncak besok," jelasnya.

Adapun Polda Banten di backup Korlantas Polri menyiagakan 285 personel untuk mengamankan jalur di Pelabuhan Merak dengan dibantu pihak ASDP dan TNI.

"Personel ada 285 dari polda banten dan dari ASDP dan TNI," tuturnya.

Meski memprediksi akan ada lonjakan penumpang, Istiono tetap menghimbau kepada masyarakat yang hendak pulang kampung untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ia juga memastikan akan membagikan masker bila ada masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker.

"Bagi yang mudik harapannya terutama untuk penumpang umum yang tidak bawa kendaraan betul-betul harus jaga diri. Artinya yang terpenting adalah mematuhi protokol kesehatan yaitu jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. Nah ini yang menjadi kebiasan baru yang harus kita disiplinkan. Tugas masyarakat juga demikian, petugas juga demikian. Bila masyarakat nanti yang datang disini baik yang tidak membawa kendaraan, penumpang biasa atau roda dua dan roda empat yang tidak pakai masker akan kita bagikan masker. Momentum kita untuk mendisiplinkan. Terus juga antrian untuk jaga jarak juga diingatkan terus menerus. Ini bagian kebiasaan baru yang harus kita sama sama sosialisasikan dan biasakan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono juga telah melepas 15.000 personel Korlantas Polri untuk membackup pengamanan hari raya idul adha 1441 H di seluruh wilayah Indonesia. Istiono menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA