Kostrawil Sumut

Petani Asahan Antusias di Sekolah Lapang

IN
Oleh inilahcom
Senin 03 Agustus 2020
share
(Foto: Pusluhtan BPPSDMP)

INILAHCOM, Asahan - Sejumlah petani kawasan irigasi di Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, antusias mengikuti sekolah lapang (SL) bagi anggota keluarga petani padi wilayah daerah irigasi (DI) Desa Pondok Bungur, Kecamatan Rawang Panca Arga yang termasuk wilayah DI Serbangan pada penghujung Juli lalu.

Kegiatan SL dipandu oleh penyuluh Rahmadi Rajab dan Uni Surung Simarmata. Topik bahasan fungsi pupuk organik dan anorganik pada tanaman padi. Peserta 20 kepala keluarga (KK) diketuai Aan Maringan Manihuruk, terdiri atas sembilan KK wanita dan 11 KK pria yang mendapat kegiatan SL pada 2020.

Koordinator IPDMIP Kabupaten Asahan, Radinson Saragih mengatakan kegiatan SL-DI digelar oleh Program Integrasi Partisipasi Pertanian dan Manajemen Irigasi, dikenal sebagai Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP).

"Tujuannya, mendorong pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif, mewujudkan kedaulatan pangan nasional, untuk kemajuan sektor pertanian serta kesejahteraan petani," kata Radinson Saragih, Minggu (3/8/2020).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pihaknya memberi perhatian serius pada IPDMIP. Sebab, tujuan utama IPDMIP, meningkatkan ketahanan pangan terutama saat ini, di tengah pandemi Covid-19 serta kesejahteraan petani.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi menegaskan IPDMIP berupaya meningkatkan nilai pertanian beririgasi secara berkelanjutan.

"Salah satu aspek terpenting pertanian, ketersediaan air. Lewat IPDMIP, produktivitas dan nilai pertanian akan ditingkatkan dengan cara irigasi berkelanjutan," katanya.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan] Leli Nuryati mengatakan IPDMIP dilaksanakan pada 74 kabupaten di 16 provinsi. Luas total area pertanian 875.249 hektare atau meliputi 778 daerah irigasi dan jaringan irigasi yang direhabilitasi seluas 330.037 hektare.

Radinson Saragih mengatakan, IPDMIP disambut baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan yang tertuang pada daftar penggunaan anggaran (DPA). Terbagi enam DI, dua di antaranya kewenangan Pemprov Sumut seperti DI Serbangan di Desa Pondok Bungur, Kecamatan Rawang Panca Arga.

"Kegiatan IPDMIP tercakup pada Dinas Pertanian Pemkab Asahan, tertuang dalam daftar kegiatan dinas, berupa kegiatan SL-DI anggota keluarga petani padi," kata Radinson, Konsultan Regional I Tenaga Ahli/Koordinator IPDMIP Asahan saat meninjau SL di DI Serbangan.

Penyuluh Rahmadi Rajab mengatakan pembelajaran SL menerapkan metode pendidikan orang dewasa (POD/Andragogi). Metode yang mengedepankan proses pelibatan peserta didik dewasa ke dalam struktur pengalaman belajar yang sistematis dan berkelanjutan.

"Tujuannya, mencapai perubahan pada pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan petani," kata Rahmadi yang hadir sebagai narasumber SL-DI dari IPDMIP Asahan. [yha]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA