6 Tahanan Positif Corona, Tertular Darimana?

IN
Oleh inilahcom
Senin 03 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Jombang - Kasus positif Covid-19 mulai menyasar tahanan. Terbaru enam tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang dinyatakan terinveksi virus mematikan tersebut. Saat ini mereka menjalani isolasi di RSUD Jombang.


Kepala Kejari Jombang Yulius Sigit Kristanto, menyampaikan enam tahanan itu terkonfirmasi positif saat dikirim ke Lapas Jombang. Sebelum masuk Lapas, mereka menjalani rapid test. Hasilnya, ada enam tahanan yang reaktif. Karena itu, dilakukan tindak lanjut tes swab. Hasilnya, ada enam tahanan positif Covid-19.

"Gelombang pertama, yang positif Covid empat tahanan. Kemudian kita lakukan test swab lagi. Ada tambahan dua lagi yang positif. Jadi total ada enam tahanan yang dinyatakan positif," kata Sigit menegaskan.

Dari mana mereka tertular? Sigit tidak mau berpanjang komentar. Menurutnya, tindakan terpenting saat ini adalah mengisolasi para tahanan positif tersebut. "Tahanan yang positif Covid hanya enam. Lainnya negatif," lanjut Kepala Kejari yang belum satu tahun menjabat di Jombang ini.

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran membenarkan adanya enam tahanan yang positif Covid-19 tersebut. Namun demikian, kata Pudji, enam orang tersebut kondisinya sehat. Mereka dirawat di ruangan tersendiri dengan penjagaan ketat dari petugas kepolisian.

Pudji menjelaskan, awalnya ada tujuh tahanan yang dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test. Kemudian, dilakukan tindak lanjut dengan test swab. Hasilnya, ada empat tahanan yang positif Covid. Sedangkan tiga lainnya negatif.

Pihak rumah sakit kemudian melakukan swab ulang terhadap tiga tahanan yang negatif tersebut. "Hasilnya, ada dua orang yang positif. Jadi totalnya enam tahanan positif Covid-19," pungkas Pudji ketika dikonfirmasi terpisah. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA