43.857 Warga Miskin Bangkalan Belum Terima Bansos

IN
Oleh inilahcom
Senin 03 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Bangkalan - Sebanyak 43.857 warga miskin di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jatim, sampai saat ini belum mendapat bantuan dari pemerintah. Padahal, mereka telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Adapun bentuk bantuan tersebut berupa bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan nontunai, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Penerima Bantuan Subsidi (PBS).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) setempat, Wibagyo mengatakan, tahun ini ada penurunan penerima manfaat tidak seperti tahun sebelumnya, yakni mencapai 141 ribu lebih warga yang terdaftar di dalam DTKS.

"Kita terus lakukan verifikasi dan validasi. Sebab, data harus di-update karena ada warga yang meninggal, sejahtera dan pindah domisili," terangnya, Senin (3/8/2020).

Meski begitu, pemerintah masih memberikan bantuan lain yakni berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Jaringan Pengama Sosial (JPS) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

"Kalau untuk verval kami biasa lakukan 4 kali setahun. Namun tahun ini hanya 2 kali dan kami targetkan Agustus ini selesai," ucapnya.

Ia menegaskan, terdapat beberapa kendala untuk mempercepat verval. Diantaranya, keterbatasan anggaran, minimnya sumber daya manusia (SDM) operator desa, minimnya pemahaman Pemerintahan Desa akan pentingnya verval DTKS serta tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah. [beritajatim]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA