Untag Usut Kasus Beredarnya Ijazah Palsu

IN
Oleh inilahcom
Selasa 04 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Surabaya - Baru baru ini sebuah akun gosip membeberkan beberapa ijazah yang diduga palsu. Salah satu ijazah yang ditayangkan merupakan ijazah dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag).

Terkait hal itu pihak Untag melalui Kepala Bagian Humas, & Protokoler Untag Surabaya-Karolin Rista, M.Psi, Psikolog mengatakan dengan bahwa ijazah palsu menodai nilai dari 10 Pilar Pembentukan Kepribadian Berkarakter Bangsa yang dipegang teguh oleh Untag.

"Salah satu dari 10 Pilar Pembentukan Kepribadian Berkarakter Bangsa adalah kejujuran. Kasus beredarnya ijazah palsu tentu kontras dengan nilai yang kami junjung," ujar Karolin.

Untag pun melakukan investigasi mandiri dan penelusuran terkait kebenaran ijazah palsu, dan menemukan salah satu iklan pembuatan ijazah palsu yang mengatasnamakan Untag Surabaya.

"Berdasarkan penelusuran yang telah kami lakukan, kami menemukan iklan pembuatan Ijazah Palsu yang mengatasnamakan Untag Surabaya dalam akun Instagram @jasapembuatanijazah27 pada Minggu, (19/7/2020). Ijazah tersebut juga dimuat dalam akun gossip @ifotainment pada Kamis, (30/7/2020)," tegas wanita yang akrab disapa Olin ini.

Ia juga menegaskan bahwa Untag merasa sangat keberatan dan akan mengusut tuntas kasus ini. Untag Surabaya memiliki data resmi yang digunakan sebagai latar penjualan ijazah palsu tersebut. Ditemukan adalah mahasiswa resmi kami telah lulus 2 Agustus 2016 dengan gelar akademik Sarjana Teknik (ST), tanggal ijazah 3 September 2016. Hal tersebut menjadi bukti data sesungguhnya.

"Kami Untag Surabaya sangat keberatan dan tidak menerima ijazah kami digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kami sangat menghargai proses dalam Pendidikan, sehingga sekali lagi kami menolak tindakan tidak terpuji tersebut," imbuh Karolin secara tegas. [beritajatim]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA