Jokowi Soal Pilkada, Anies Untuk Kesekian Kali...

IN
Oleh inilahcom
Kamis 06 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang harus memenuhi dua hal. Pertama, harus berjalan secara demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kedua, protokol kesehatan ketat harus.

Hal tersebut disampaikan Jokowi lewat akun Twitter @jokowi Rabu, 5 Agustus 2020.

Sementara itu terpisah, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menulis di akun Twitter @aniesbaswedan, bersyukur dengan apa yang diraih untuk kesekian kalinya oleh Pemprov DKI Jakarta.

Mengingat Ibu Kota Negara kembali dinilai sebagai provinsi demokratis se-Indonesia. Penilaian itu berasal dari indeks demokrasi Demokrasi Provinsi DKI Jakarta No. 35/08/31/Th.XXII, yang dirilis oleh BPS Provinsi DKI Jakarta pada 5 Agustus 2020.


"Alhamdulillah, untuk kesekian kalinya DKI Jakarta kembali dinilai sebagai provinsi paling demokratis se-Indonesia. Dengan capaian indeks demokrasi (IDI) 2019 sebesar 88,29 (kinerja baik), meningkat 3,21 poin dari IDI 2018 yang sebesar 85,08," tulis @aniesbaswedan, dikutip Rabu (5/8/2020).


Anies menyampaikan, capaian indeks demokrasi (IDI) tidak hanya melihat gambaran demokrasi dari sisi kinerja pemerintah/birokrasi saja, namun juga dari aspek peran masyarakat, lembaga legislatif, partai politik, lembaga peradilan dan penegak hukum.

"Oleh karena itu, capaian IDI merupakan hasil usaha kita semua di Jakarta," tulis Anies.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA