Pandemi COVID-19, Sandiaga Berbagi Jurus Bisnis

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 15 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Resesi ekonomi yang melanda Indonesia imbas Pandemi COVID-19, diakui Sandiaga Uno menggerus seluruh lini usaha, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Walau begitu, Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, mengungkapkan terdapat kiat sukses menjalankan usaha di tengah pandemi covid-19. Hal tersebut disebutkannya adalah inovasi, pro aktif dan berani mengambil risiko.

"Fokus harus terus inovasi, tidak mungkin relevan kalau sukses tidak inovasi. Pro aktif, sukses dan prestasi menghampiri orang-orang pro aktif mengejar bola dan menjemput rezeki," ungkap Sandi dalam diskusi bertema 'Strategi Kembangkan Bisnis Untuk UKM Efisiensi Tanpa Resiko Dengan Gudang Online', Jumat (14/6/2020).

"Ketiga, take a risk ambil risiko, tidak ambil risiko lebih berisiko. Mulai dari hari ini mengambil kesempatan peluang lakukan usaha dan yakini miliki niat tulus ikhlas. Dengan tadi menjadi sukses," jelas pencetus gerakan OK-OCE ini.

Diakui mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, menjalankan usaha di tengah pandemi covid-19 merupakan sebuah tantangan. Satu di antaranya adalah melakukan publikasi produk usaha secara online. "Online keniscayaan. Tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan usaha," kata Sandi yang berjuluk Papa Online ini.

Apabila tidak cakap melakukan publikasi produk via online, maka dapat dilakukan kerjasama dengan pihak lain. "Mitra sama orang yang sudah online. Online keniscayaan, tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan usaha," beber Sandi.

"Mitra sama orang yang sudah online. Teman fokus di porduksi online dari kerjasama, era kompetisi sudah menjadi era kolaborasi. Kita gotong royong mengambil pasar mengembangkan usaha," ujarnya.

Sementara itu, CEO Crewdible, Dhana Galindra, mengatakan pihaknya siap membantu pengusaha-pengusaha yang mengalami kesulitan. "Ekonomi susah. Banyak yang rontok di sektor retail. Kami bagian logistik rata-rata naik. Orang banyak kiriman barang melalui logistik keseluruhan naik. Kami banyak banget karena timbal balik. ecommerce menanjak. Realise menolong orang kena phk dari retail ini," tutur Dhana.

"Salah satu kita banyak toko tutup itu kami jadikan gudang. Lantai 2-4 di ruko itu kami jadikan krudibel. Kami harap tidak ada phk karyawan sementara alih fungsi," pungkas Dhana. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA