Bankir Senior Arwin Rasjid Bicara Digital Banking

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 15 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Lama tak terdengar, Arwin Rasjid yang dikenal sebagai bankir senior, ternyata punya kesibukan anyar. Dia baru saja menyelesaikan buku ketiga bertajuk Digital Banking Revolution.

Ternyata, Mantan Presiden Direktur CIMB Niaga ini, punya hobi menulis. Buku Digital Banking Revolution yang diluncurkan Jumat (14/8/2020), merupakan buku ketiga. Buku pertama dan keduanya berjudul "Danamon 180 Derajat" dan "Telkom 3010", ditulisnya beberapa tahun silam.

Saat peluncuran secara virtual, mantan CEO Telkom ini, mengatakan ada fenomena menarik yang diulas dalam buku ketiganya ini. Sesuai judulnya, Arwin mengupas perkembangan pesat digital banking di era teknologi finansial (fintech) saat ini. "Mengapa dompet digital seperti Gopay, OVO dan DANA menjadi yang terbesar? Padahal dompet digital yang pertama di Indonesia, bahkan di Asia, adalah rekening ponsel mirip Bank CIMB Niaga," kata Arwin.

Kata mantan Presdir Bank Niaga ini, ada lima pelajaran yang bisa dipetik dari buku agar bank bisa menjadi pemenang pertama di era digital. Pertama, perbankan harus siap menghadapi era dimana kemajuan akan berkembang semakin pesat. Kedua, tranformasi digital adalah sumber keniscayaan dan sumber perjalanan yang harus dijalankan dengan sepenuh hati.

Selanjutnya, papar pria yang memulai karier di Bank of America ini, power bisnis berbasis konten yang tak bergantung pada ukuran aset. Keempat, membangun paradigma baru seperti new bank dan fintech. Kelima, antisipasi tren new bank raksasa ke depan yang bisa didirikan dari platform media sosial maupun e-commerce. "Semoga buku ini menjadi diskusi yang menarik dan bermanfaat bagi kita semua," tutur Arwin.

Peluncuran buku secara virtual tersebut dihadiri sejumlah tokoh pengusaha, bankir hingga pejabat negara. Diantaranya, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad yang mengucapkan selamat atas karya terbaru Arwin. Fadel meyakini buku ini akan sangat bermanfaat bagi dunia perbankan serta fintech di Indonesia.

Apresiasi juga dilontarkan Group chief executive of Singaporean Bank DBS Piyush Gupta. Dia juga berharap buku tersebut dapat menjadi bahan inspirasi bagi banyak orang yang membacanya.

Tak ketinggalan, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti, memberikan selamat kepada mantan Wakil Ketua BPPN tersebut. "Selamat kepada Bapak Arwin, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa memberikan banyak insiprasi," ujar Destry saat Virtual Book Launch dan Talkshow tersebut.

Tidak ketinggalan, mantan Gubernur BI Agus Martowardojo memberikan ucapan selamat atas peluncuran buku ketiga Arwin. Mantan Menteri Keuangan ini berharap buku tersebut dapat menjadi bahan bacaan yang baik serta bermanfaat bagi dunia perbankan dan fintech Indonesia. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA