SIMURP Pusluhtan

Pemerintah Kabupaten Karawang Dukung KostraTani

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 15 Agustus 2020
share
Pusluhtan melalui Proyek SIMURP akan menyediakan dukungan fasiltasi sarana prasarana IT bagi 11 BPP atau UPTD di Karawang pada 2020 - (Foto: Pusluhtan BPPSDMP)

INILAHCOM, Karawang - Kabupaten Karawang di Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Program SIMURP Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) mendukung Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) sebagai program utama Kementerian Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, H Hanapi mengatakan seluruh kepala unit pelaksana teknis daerah (UPTD) di tingkat kecamatan dan penyuluh pertanian harus memahami, dan dapat mengimplementasikan konsep KostraTani di Karawang.

"Pemahaman ini harus dapat menjadi bagian dari sistem kerja penyuluh," kata Hanapi saat membuka Sosialisasi Gerakan KostraTani dan pelatihan aplikasi pelaporan utama bagi BPP KostraTani pada Rabu (12/8/2020).

Kadistan Hanapi mengapresiasi dukungan Kementerian Pertanian, khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dalam mendukung Karawang. Utamanya, transformasi BPP KostraTani melalui pembinaan dan pelatihan teknologi informasi (IT) serta aplikasi pelaporan program utama Kementan sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Menurutnya, KostraTani berperan penting sebagai upaya gerakan pembangunan pertanian di kecamatan. KostraTani diatur dalam Permentan No 49/2019. Hal itu selaras dengan komitmen Karawang sebagai lumbung pangan serta berupaya meningkatkan kesejahteraan petani, dengan mengintegrasikan program dan model-model kegiatan seperti korporasi dan demfarm.

"Pemkab Karawang sedang menyiapkan peraturan daerah atau perda ketahanan pangan agar Karawang tetap surplus beras dan mandiri pangan," kata Hanapi.

Sosialisasi dan pelatihan gerakan Kostratani diikuti oleh peserta dari unsur pejabat eselon tiga dan empat yang menangani penyuluhan pada dinas pertanian kabupaten, kepala UPTD pertanian kecamatan, koordinator penyuluh dan Admin BPP dari 30 UPTD di seluruh Karawang.

"Melalui kegiatan SIMURP, kita ingin petani di wilayah irigasi, ketahanan pangannya semakin meningkat, Pendapatan masyarakat pedesaan pun turut meningkat," kata Kepala Pusluhtan Leli Nuryati dalam sambutannya yang dikutip Kasubbid Evaluasi Pusluhtan BPPSDMP.

Selanjutnya, Pusluhtan mengajak Pemda Karawang melalui Dinas Pertanian untuk kolaborasi, sinergi dan konsolidasi dalam mengawal optimalisasi tugas, fungsi dan peran Kostratani berbasis teknologi informasi (IT).

Pusluhtan melalui Proyek SIMURP akan menyediakan dukungan fasiltasi sarana prasarana IT bagi 11 BPP atau UPTD di Karawang pada 2020. Hal ini disambut baik oleh para pejabat dan penyuluh.

"Para penyuluh pertanian dan Admin BPP harus lebih semangat dan berperan aktif mengawal kegiatan penyuluhan maupun program pembangunan utama lainnya dan harus meng-update laporan ke dalam aplikasi pelaporan utama Kementan secara rutin setiap Kamis sore dan paling lambat Jumat pagi agar real time dan valid," katanya.

Menurutnya, tim dari Pusluhtan akan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan laporan dimaksud secara harian. [yha]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA