Pandemi COVID-19

Begini Diaspora RI Peringati HUT RI Ke-75 di Swiss

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Swiss - Rangkaian peringatan HUT RI ke-75 secara virtual, termasuk upacara bendera yang disiarkan langsung diikuti ratusan diaspora dan keluarga besar masyarakat Indonesia di Swiss dan Liechtenstein.

Dalam rilis kepada media, Selasa (18/8/2020), )Duta Besar RI Bern, Muliaman Hadad, secara khusus menyampaikan pesan untuk terus semangat mengisi 75 tahun kemerdekaan Indonesia dengan berkarya sesuai bidang keahlian masing-masing demi Indonesia maju.

Mempertimbangkan kondisi pandemi, KBRI Bern menggelar rangkaian perlombaan virtual yang bisa diikuti oleh masyarakat dan diaspora Indonesia di Swiss dan Liechtenstein di rumah masing-masing.

Perlombaan yang telah diselenggarakan antara lain, perlombaan foto bertema Indonesia di Swiss/Liechtenstein, perlombaan foto busana nasional, perlombaan video Indonesian Got Talent, perlombaan video bertema Saya Cinta Indonesia dan perlombaan menggambar bertema Aku Anak Indonesia.

Tidak hanya perlombaan virtual, KBRI Bern juga telah mengadakan pertandingan badminton yang diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Khusus tahun ini, telah diselenggarakan juga kegiatan virtual lainnya, yaitu bazar online dan webinar kebangsaan, yang juga diikuti dengan antusias. Bazar secara daring dapat memberikan kesempatan bagi para diaspora Indonesia yang berkarya di bidang kuliner, bukan hanya untuk mempromosikan kuliner Indonesia tidak hanya kepada para diaspora lainnya, namun juga kepada warga Swiss dan Liechtenstein.

KBRI Bern juga telah menyelenggarakan webinar kebangsaan yang bertema Cerita Diaspora Indonesia di Negeri Alpen dalam konteks Indonesia Maju, yang selaras dengan tema utama peringatan HUT RI ke-75. Webinar ini menghadirkan empat orang narasumber yang merupakan diaspora Indonesia di negara akreditasi, yang berprestasi di bidangnya masing-masing.

Webinar tersebut membahas kisah suka dan duka para narasumber selama tinggal di negara akreditasi, termasuk cara mengatasi tantangan dan nilai-nilai Indonesia yang masih lekat dalam diri masing-masing.

Selepas upacara penaikan bendera, selain mengumumkan nama-nama pemenang perlombaan, KBRI Bern juga membagikan hadiah door prize kepada para WNI yang telah mendaftarkan diri di laman portal peduli WNI. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA