Begini Penampakan Goa Baru Ditemukan di Malang

IN
Oleh inilahcom
Selasa 01 September 2020
share
Sebuah Goa ditemukan para peneliti di area pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Malang

INILAHCOM, Jakarta - Sebuah Goa ditemukan para peneliti di area pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Malang. Posisi Goa itu berada di dekat Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Goa itu pertama kali ditemukan oleh komunitas Masyarakat Speleologi Indonesia (MSI) Jawa Timur pada 15 Agustus 2020 yang lalu. Ketua MSI Jatim, Mukhti Satiti mengatakan, sebenarnya keberadaan goa itu sudah diendusnya sejak tahun 2019. Namun baru dilakukan penelurusan 15 Agustus 2020.

"Penelusuran ini berdasarkan rasa penasaran kami terhadap posisi gua itu, karena letaknya berada di bawah JLS pantai selatan yang sedang dibangun," ungkap Mukhti.

Letak goa tersebut ada di plengsengan jalan. Mukhti menduga goa tersebut melintang di bawah JLS yang saat ini sedang dilakukan pengerjaan. Sedangkan goa tersebuat, untuk sementara dinamakan Goa Prapatan, karena letaknya tidak jauh dari perempatan JLS menuju Pantai Balekambang. "Ada dugaan kuat goa tersebut melintang persis di bawah JLS. Maka dari itu kami lakukan penelusuran sekaligus pemetaan untuk mengetahui jalurnya," bebernya.

Saat dilakukan penelusuran itu, Mukhti mengaku dua kali pengambilan data di waktu yang berbeda. Saat itu pihaknya mengidentifikasi ada 8 spesies kelelawar. Pengambilan data pertama ditemukan 6 spesies. Pengambilan data kedua ditemukan 5 spesies. "Pendataan di lokasi gua telah dua kali dilakukan pendataan biota oleh Tim Peneliti Biologi UIN Sunan Ampel," katanya.

Dia berharap, kedepannya pemerintah daerah dapat memperhatikan keberadaan goa yang ditemukan di sekitar pembangunan JLS tersebut. Sebab, apabila JLS jadi dan tidak dihitung dengan matang terkait bebannya ada kekhawatiran goa akan ambrol. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA