Maluku Utara Diguncang Gempa Tektonik

IN
Oleh inilahcom
Minggu 06 September 2020
share
 

INILAHCOM, Maluku - Maluku Utara diguncang gempa tektonik Minggu, 6 September 2020 pukul 07.21.13. Gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=6,0 dan dimutakhirkan menjadi M=5,9.


Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyampaikan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,78 LU dan 126,64 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 121 km arah Barat Laut Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 59 km.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Triyono, Minggu (6/9/2020).


Guncangan gempabumi ini dirasakan di Ternate, Tidore, Sofifi, Halmahera Barat, dan Halmahera Utara III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Bitung II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu) , Manado, Siau, Tahuna II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," tuturnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA