HUT ke-19 Demokrat, Ditunggu Sikap Tegas AHY

IN
Oleh inilahcom
Rabu 09 September 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tepat Partai Demokrat memperingati hari jadinya yang ke-19 tahun pada 9 September 2020. Ditunggu ketegasan dan komitmen Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membenah internalnya.

Hal itu disampaikan, Direktur Eksekutif Center of Bdget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi menyusul Rezka Oktoberia, kader Demokrat yang bersatus tersangka dalam kasus dugaan penipuan, dipercaya AHY menjabat Deputi Operasi dan Kampanye dalam Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP

"AHY sebagai pemimpin muda, harus tegas kepada kader demokrat yang terkena masalah hukum. Hal ini demi menjaga citra partai di mata publik dan kontituen," kata Uchok, dalam keterangannya, Rabu (9/9/2020).

Menurut Uchok, Rezka Oktoberia, sudah berstatus tersangka dalam suatu perkara hukum. Seyogyanya, AHY mencopotnya dari kader.

"Setelah ada putusan hukum yang bersifat tetap, barulah ada tindaklanjutnya. Apakah dipecat atau tidak. Ini penting bagi AHY yang kabarnya mau ikutan di pilpres 2024. Publik ingin tahu grade-nya seperti apa," papar dia.


Diketahui, Reza yang merupakan caleg Partai Demokrat di daerah pemilihan (Dapil) Sumbar II, dilaporkan Zamhar Pasma Budhi atas dugaan penipuan, sekitar 2019.

Selanjutnya, Satreskrim Polres Limapuluh Kota dan menetapkan Rezka sebagai tersangka sesuai surat penetapan Nomor: S.TAP/05/I/Res.1.11/2020, tanggal 29 Januari 2020.

Tak terima dengan status tersebut, Reska melalui kuasa hukumnya, Jhon Mathias mengajukan pra-peradilan kepada Pengadilan Negeri Gunung Pati, dan ditolak. Hingga saat ini, kasus ini terkesan mandek. Seharusnya, pihak kejaksaan segera merespons kerja kepolisian, dengan meneruskannya ke proses peradilan di meja hijau.

Sebelumnya, poltisi senior Partai Demokrat, Tri Yulianto mengaku sangat menunggu gebrakan dari sang ketum. "Menunggu ketegasan dari ketua umum partai (AHY) terkait status tersangka yang menjadi pengurus DPP Partai," ujar Tri.

Menurut Tri, ketegasan AHY akan berdampak positif terhadap kelangsungan partai ke depan. Sehingga, kader yang berstatus tersangka perlu ditertibkan. "Karena ini terkait dengan marwah Partai Demokrat ke depan. Harus menghormati proses hukum yang berjalan," tutup mantan anggota DPR RI ini.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA