Pegawai BKKBN Ikuti Rapid Test Massal Gratis BIN

IN
Oleh inilahcom
Rabu 09 September 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) hari ini menggelar rapid test dan swab test massal di kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jakarta Timur, Rabu (9/9/2020).

Koordinator Lapangan Mobile Laboraturium Covid-19 BIN, Kolonel Inf Budi Santoso mengatakan kegiatan ini merupakan permintaan dari BKKBN untuk melalukan test terhadap pegawainya.

Hal itu juga selaras sebagaimana perintah Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dalam rangka membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kita laksanakan ini dalam rangka untuk mengamankan kebijakan pemerintah yaitu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita mengantisipasi baik di instansi Kementerian maupun lembaga pemerintah," ucap Kolonel Inf Budi Santoso.

Budi mengatakan BIN akan mengakomodir 818 pegawai BKKBN mengikuti rapid test selama 2 hari ke depan. Mereka yang hasil rapid test tersebut reaktif akan langsung mengikuti swab test.

Untuk itu, BIN mengerahkan 25 tenaga medis dan 3 dokter serta 2 unit mobile Laboraturium PCR test untuk menguji sampel spesimen swab test.

"Kami dari medical intelejen BIN melaksanakan rapid anti gen. Rapid swab. Apabila reaktif akan laksanakan swab.
Kita turunkan 25 tim medis dan 3 dokter. Jadi nanti ysng hasil swab kita olah kita melaksanakan ekstrasksi kurang lebih 3 jam. Dan running 2 jam. Jadi antara 5 sampai 7 akan ada hasil disana baik itu positif PCR atau negatif PCR," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengucapkan terima kasih atas bantuan kerjasama rapid test dan swab test massal gratis yang diselenggarakan oleh BIN. Hasto menganggap apa yang dilakukan BIN ini sungguh luar biasa.

"Saya atas nama BKKBN dan seluruh jajaran mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya tentunya kepada BIN yang memberikan perhatian yang besar dan langkah-langkah yang luar biasa. Saya kira apa yang dilakukan BIN datang ke lapangan langsung ke lokasi perkantoran itu sungguh luar biasa," ucap Hasto.

Hasto merasa beruntung para pegawainya bisa mengikuti test cepat COVID-19 ini secara gratis. Sebabnya, para pegawai BKKBN masih kerap berinteraksi dengan masyarakat meski tengah pandemi COVID-19.

"Bagi kami, kami sangat beruntung sekali karena petugas BKKBN ini petugas yang harus mobile, tidak boleh petugas BKKBN diem karena BKKBN ini yang ada disini selalu menggerakan petugas-petugas ke lapangan yang ada di seluruh Indonesia sekitar 25 ribu sehingga karyawan-karyawan kami yang ada di sini itu selalu ke provinsi provinsi," tuturnya.

"Oleh karena itu, kalau kita dilakukan pemeriksaan screening massal seperti saat ini sangat menguntungkan sekali buat kami. Karena mereka datang ke lapangan sudah aman. Dan mereka yang kena (positif COVID) akan dilakukan langkah-langkah berikutnya," sambung dia.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA