Kegep Berbuat Terlarang Mahasiswa ini Nyaris Tewas

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 12 September 2020
share
 

INILAHCOM, Surabaya - M. Soleh (25), mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Surabaya yang tinggal di Dusun Gajah RT 17 RW 06 Kelurahan Magersari Sidoarjo, wajahnya dipenuhi darah yang keluar dari luka akibat dihajar warga Desa Sidokerto Kecamatan Buduran, Jumat (11/9/2020).

Pasalnya, Soleh kepergok mencuri motor di rumah Awaludin Rahman, warga jalan Randuasri RT 03, RW 02, Sidokerto, Buduran. Warga geram karena saat diamankan, pelaku diduga menantang warga dan sesumbar punya ilmu kebal.

Rokhim, salah satu warga mengatakan warga sangat geram dengan seringnya kejadian pencurian motor di wilayahnya. Terlebih, pelaku sering lolos tak tertangkap.

Dan kekesalan warga memuncak begitu ada pelaku curanmor tertangkap. Warga marah hingga menghajar pelaku sampai babak belur. Amarah warga bertambah memuncak ketika pelaku menantang warga dan sesumbar punya ilmu kebal. "Warga yang tersulut emosi langsung ambil benda keras di sekitar TKP. Sampai beberapa bagian tubuh pelaku curanmor dihantam oleh warga yang emosional," katanya.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Buduran Iptu Nanang Mulyono menjelaskan kronologis peristiwa percobaan pencurian itu, seusai memeriksa beberapa saksi, termasuk pelaku.

Awalnya pelaku masuk ke dalam rumah korban Awaludin dengan cara meloncat pagar belakang rumah korban. Saat itu, korban Awaludin terbangun karena mendengar suara benda jatuh. "Korban terbangun dan menunggu mungkin ada suara lagi," ungkapnya.


Perkiraan korban Awaludin benar, seperti ada yang membuka pintu samping rumah yang tak terkunci. Dan setelah pelaku berhasil masuk ke dalam rumah, selanjutnya pelaku masuk ke kamar korban untuk mencari kunci kontak sepeda motor.

"Dan saat itulah korban Awaludin berteriak maling. Pelaku yang kaget langsung kabur keluar rumah. Pelaku kabur dengan cara meloncati pagar depan rumah," paparnya.

Masih kata Nanang, korban terus mengejar pelaku sambil teriak maling. Warga yang mendengar teriakan maling dari korban, langsung ikut ramai-ramai mengejar. Pelaku tak sempat kabur terlalu jauh, karena sudah dikepung oleh warga.

Tak jauh dari TKP, pelaku berhasil ditangkap warga dan langsung dihajar warga. Untung saja ada piket patroli dan reskrim bisa mengamankan pelaku, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. "Dalam peristiwa percobaan pencurian itu, anggota berhasil mengamankan barang bukti kunci kontak," pungkasnya. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA