Ferry Baldan : Mubes X Jadi Wabah Hilangkan suara

IN
Oleh inilahcom
Selasa 15 September 2020
share
Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Ikatan Alumni (IKA) Periode 2008-2012 Universitas Padjadjaran (UNPAD), Ferry Mursyidan Baldan mengatakan, meski sudah menetapkan Irawati Hermawan sebagai Ketua Umum IKA UNPAD, Musyawarah Besar X meninggalkan banyak masalah.

Terutama, kata mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) ini, karena keterpilihannya melalui perwakilan, yang membuat Ketum terpilih cukup dengan 21 suara.


"Ini menjadi pertanyaan, bagaimana Penyelenggaraan Mubes bisa menghilangkan suara alumni dalam Pemilihan Ketua Umum IKA UNPAD. Kalau pandemi COVID-19 dijadikan alasan, bukankah mekanisme secara virtual bisa dilakukan. Ini bisa disebut dengan adaptasi pemilihan langsung Ketum IKA UNPAD dengan menerapkan protokol kesehatan, apalagi kita memiliki FK UNPAD yang dipercaya pemerintah dalam uji klinis vaksin COVID-19," kata Ferry lewat rilisnya, Selasa (15/9/2020).

Hal-hal yang mengherankan ini, melahirkan banyak pertanyaan di benaknya. Karena, proses pemilihan melalui perwakilan, padahal tiga mubes sebelumnya selalu melalui melalui pemilihan langsung.


"Ini bisa disebut Mubes X menjadi wabah yang menyerang dan menghilangkan suara alumni dalam pemilihan ketua umum IKA UNPAD. Yang penting adalah cara pandang, saya sebagai Alumni UNPAD berharap, Mubes bisa memutuskan bahwa pemilihan ketua umum UNPAD dilakukan dengan pemilu raya. Tentu dengan mempertimbangkan faktor atau kondisi, itu bisa saja diselenggarakan," imbuhnya.


Menurut dia, dalam kuliah atau rapat penting di pemerintahan, kegiatan belajar mengajar, serta berbagai kegiatan lainnya, saat ini, sudah lazim dilakukan secara virtual.

Untuk itu, satu-satunya ruang atau cara membangun sense of belonging atau rasa memiliki alumni kepada almamaternya, adalah ketika semua elemen bisa memberikan hak suaranya dalam memilih ketua umum IKA UNPAD.

"Sekali lagi, Majukan UNPAD, apungkan UNPAD oleh alumninya dan kokohkan relasi atau hubungan keterikatan alumni dengan almamaternya jangan hilangkan kesempatan atau ruang partisipasi dari alumni dalam memilih ketum IKA UNPAD," tutur Ferry.


Diketahui, Mubes Ke-X sudah digelar di Hotel Banana Inn pada 11-13 September 2020, menetapkan Irawati Hermawan sebagai ketua umum IKA UNPAD. Dalam proses pemilihan yang memperebutkan 36 suara, Ira memperoleh 21 suara, Ary Zulfikar (0), Ferry Kurnia (0), Hadiyanto (11), Tasdiyanto (0), Tatan Pria (2). Sementara satu suara abstain. Dalam Mubes ini, dua kandidat yakni Ary dan Ferry mengundurkan diri.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA