Waspadai Kemudahan Jasa Pinjol di Tengah Pandemi

IN
Oleh inilahcom
Kamis 17 September 2020
share
 

Pandemi COVID-19 yang masih berkepanjangan membuat kesulitan ekonomi masyarakat kian terhimpit. Namun hadirnya teknologi membuat kondisi seperti saat ini memudahkan masyarakat untuk mengatasi keuangan dengan cara cepat melalui jasa pinjaman online (Pinjol).

Kegiatan pinjam-meminjam dana yang dahulu membutuhkan proses pengajuan yang panjang dan ribet, kini bisa dilakukan dalam hitungan menit saja. Hal ini karena adanya aplikasi pinjaman uang online yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam skala masif.

Jumlah limit pinjaman online yang bisa didapatkan biasanya dipengaruhi oleh profil keuangan dari calon nasabah. Sebagai contoh, semakin besar pendapatan yang dimiliki calon nasabah, maka semakin tinggi pula limit kredit yang bisa didapatkan.

Namun masyarakat perlu berhati-hati untuk menggunakan jasa pinjol, terlebih untuk mendapatkan limit kredit yang tidak cukup besar. Perhatikan 4 langkah berikut untuk meningkatkan kewaspadaan.

Pilih Layanan dengan Syarat Gaji Lebih Kecil dari Penghasilan
Salah satu syarat utama yang biasanya dimiliki oleh penyedia layanan pinjaman daring adalah batas minimum pendapatan. Setiap penyedia layanan tentu memiliki kebijakan yang berbeda mengenai syarat yang satu ini. Agar bisa mendapatkan limit pinjaman yang lebih besar, Anda tentu harus memilih fintech yang memiliki syarat minimal gaji yang rendah.

Pastikan Seluruh Informasi dan Dokumen yang Diminta Sudah Tepat
Karena bersifat online, pihak peminjam diharuskan untuk mengumpulkan semua berkas persyaratan pinjaman daring menggunakan file digital seperti layaknya KTA pinjaman kilat. Segala prosedur pengajuan pinjaman juga dilakukan secara online, tanpa ada kegiatan tatap muka sekalipun. Karena seluruh proses pengajuan yang dilakukan secara online tersebut, Anda harus bisa menunjukkan kebenaran identitas dengan sebaik-baiknya. Seperti NPWP, slip gaji, dan lain sebagainya agar bisa mendapatkan limit pinjaman besar.

Jadikan Rekening Tabungan Sebagai Payroll
Dalam mengajukan pinjaman secara online, dokumen yang sudah pasti dijadikan syarat adalah akun internet banking atau rekening koran calon nasabah. Agar limit pinjaman bisa lebih tinggi, pastikan untuk mencantumkan rekening koran yang digunakan sebagai payroll atau penerimaan gaji, termasuk juga di dalamnya daftar rutin transaksi penarikan dan pemasukan uang.

Perbaiki Kondisi dan Arus Keuangan
Selain menjamin pengajuan pinjaman diterima, memiliki kondisi keuangan yang baik juga dapat meningkatkan limit pinjaman yang akan Anda dapatkan. Istilahnya, bagaimana Anda bisa meminjam dalam jumlah banyak jika kondisi keuangan saat ini saja sudah berantakan. Jangan-jangan, setelah pengajuan pinjaman tersebut disetujui, kondisi keuangan malah menjadi semakin tak terkontrol.

Lunasi Hutang Lain Terlebih Dahulu
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, lunasi terlebih dahulu utang lain yang dimiliki sebelum mengajukan pinjaman baru. Pastikan tidak ada beban utang lain yang tertunggak atau bahkan tidak mampu membayar cicilan bulanannya dengan rutin.

Satu hal yang harus diingat, hanya ajukan pinjaman untuk kebutuhan mendesak. Oleh karena itu, tetap bijak dalam memanfaatkan layanan keuangan tersebut agar tidak menjadi beban tersendiri pada keuangan Anda. Bila memungkinkan, hanya gunakan layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak saja.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA