Komisi l DPR Puji Kontribusi BIN Terkait COVID-19

IN
Oleh inilahcom
Jumat 18 September 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Semarang - Badan Intelijen Negara (BIN) hari ini menggelar rapid test antigen dan swab test dengan metode molekuler atau PCR (Polymerase Chain Reaction) bertempat di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/9/2020).

Dalam kegiatan ini, BIN mentargetkan masyarakat Semarang untuk mengikuti test COVID-19 ini. BIN juga membantu pasien-pasien yang tengah di tangani Puskesmas di Semarang untuk mempercepat proses tes COVID-19.

Adapun kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dalam upaya membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Rapid test antigen adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus Covid-19 pada sampel yang berasal dari saluran pernapasan. Antigen akan terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi.

BIN juga menyiapkan 1 unit mobile Laboraturium PCR test untuk menguji sampel swab test masyarakat apabila hasilnya reaktif dari rapid test antigen.

Mobile Lab PCR test milik BIN telah memenuhi standar kesehatan dimana peralatan canggih tersedia dalam mobile LAB tersebut seperti Bio Safety Cabinet (BSC), thermo scientific TSC series (freezer) thermomixer, rotor-Gene Q, centrifigue 5424 R, micropipet, dan wastafel pencuci tangan.

Adapun hasil uji sampel PCR test ini bisa diketahui dalam waktu 5-7 jam.

Ketua Komisi l DPR RI, Meutya Viada Hafid menyampaikan apresiasi atas kinerja BIN dalam melaksanakan fungsi tugasnya. Salah satunya membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kita tahu ini masa masa yang sulit dan hari ini kita melihat bagaimana salah satu mitra kita yaitu BIN telah menjalankan juga tugasnya terutama untuk melihat bagaimana penanggulangan COVID terkhusus di provinsi jateng. Karena komisi l juga telah mengamanatkan agar BIN juga terdepan untuk ikut baik deteksi dini maupun penanggulangan COVID-19," ucap Meutia Hafid kepada wartawan di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/9/2020).

Meutya bersama rombongan Komisi l DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Semarang dengan melakukan rapat bersama BIN. Dalam kesempatan itu, Meutia juga mendukung upaya BIN Untuk melakukan inovasi-inovasi dalam penanggulangan COVID-19, salah satunya pembuatan obat COVID-19.

"Termasuk menemukan inovasi-inovasi penanggulangan COVID-19 dalam bentuk beragam yaitu obat, vaksin dan yang lainnya juga pasti kita akan mendorong. Dan hari ini kita apresiasi BIN Karena telah melakukan upaya-upaya dalam rangka penanggulangan COVID seperti yang kita lihat di kota Semarang saat ini dengan memberikan layanan rapid maupun swab gratis bagi masyarakat," jelasnya.

Meutya juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Meutya berharap BIN terus memberikan kontribusi dalam penanggulangan COVID-19.

"Harapan kita BIN dan ini hasil kesimpulan rapat kami tadi dengan Binda jateng dan juga perwakilan BIN pusat untuk BIN agar terus menjalankan tugas dalam rangka menanggulangi COVID-19 karena seluruh elemen perlu bekerja bersama sama dalam hal ini COVID-19," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini Staf Khusus Kepala BIN, Mayjen TNI Suyanto, Deputi lll BIN , Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM BIN Irjen Sutanto, Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto dan para anggota Binda Jateng serta anggota Komisi l DPR RI.

BIN berharap lewat rapid test antigen dan swab test ini dapat membantu Pemda Jawa Tengah khususnya di Semarang dalam upaya memitigasi penyebaran COVID-19.

BIN sebelumnya telah menggelar rangkaian rapid test dan swab test sejak COVID-19 melanda tanah air atau tepat di bulan April 2020. Sejauh ini, BIN sudah melaksanakan kegiatan tersebut di Jabodetabek, Bandung, Banten dan Surabaya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA