302 Satgas FPU Terima Penghargaan Warga Kehormatan

IN
Oleh inilahcom
Selasa 22 September 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Polri memberikan penghargaan tanda kehormatan Satya Lancana Bhakti Buana kepada kontingen satuan tugas (satgas) Garuda Bhayangkara Former Police Unit (FPU) dan Individual Police Officer (IPO). Satgas tersebut dinilai berhasil ikut berpartisipasi dalam misi perdamaian dunia.

Upacara penghargaan digelar di Lapangan Pusdik Lantas Lemdiklat Polri, Serpong, Tangerang Selatan Banten, Selasa (22/9/2020). Upacara dipimpin oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono secara virtual.

Upacara penghargaan juga diikuti Kepala Divisi Hubungan Internasional Irjen Johanis Asadoma, Kepala Biro Misi Internasional Divhubinter Polri Brigjen Krishna Murti, serta pejabat utama Mabes Polri sebagai pengemban Misi Perdamaian dan Kemanusiaan Polri.

"Karena pandemi COVID-19 upacara dilaksanakan secara virtual, maka sesuai protokol COVID-19 maka anda semua harus melaksanakan isolasi selama 14 hari. Namun bukan berarti ini mengurangi makna penghargaan negara maupun institusi terhadap prestasi dan kemuliaan tugas anda semua," kata Gatot membuka sambutan secara virtual.

Dalam sambutannya, Gatot mengapresiasi kinerja para satgas. Selain itu, dia juga memberikan nasihat agar para satgas tidak berbangga diri secara berlebihan.

"Peacekeeper polri yang saya banggakan, atas nama institusi saya menyampaikan apresiasi, terimakasih dan rasa bangga atas seluruh pengabdian terbaik anda. Pengalaman tugas yang dipetik dari beragam tugas internasional adalah kebanggaan tetapi jangan menempatkan keunggulan ini secara berlebihan," ujarnya.

Selain itu, Gatot meminta kepada seluruh Satgas yang telah kembali ke Indonesia untuk terus mengembangkan kemampuan diri. Dia ingin para satgas menjadi agen perubahan yang positif sesuai dengan moto Polri.

"Teruslah mengembangkan kapasitas diri di tempat bertugas. Jadilah agent of change, ciptakan snow ball effect yang meluaskan nilai positif untuk mewujudkan Polri yang semakin profesional modern dan terpercaya," ujar Gatot.

"Selamat datang kembali ke Tanah Air, selamat bergabung kembali ke kesatuan masing-masing. Teruslah semangat untuk mengabdi memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara," lanjutnya.

Upacara diikuti sebanyak 302 personel terdiri dari 140 personel Satgas Garuda Bhayangkara FPU 11 UNAMID, 140 personel Satgas Garuda Bhayangkara FPU 1 MINUSCA dan 22 personel Individual Police Officer (IPO). Mereka berhasil melaksanakan misi di Republik Sudan, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Republik Mali, Republik Sudan Selatan dan Republik Yaman.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA