Alumni Tolak Mubes X IKA Unpad 2020

IN
Oleh inilahcom
Kamis 24 September 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) menolak hasil Musyawarah (Mubes) Besar IKA Unpad 2020. Pasalnya, Mubes tersebut dianggap tidak memberi contoh baik di alam demokrasi.

Penyelenggaraan Pemilu Raya untuk pemilihan IKA Unpad yang sebelumnya dilakukan secara demokratis tapi dalam pelaksananya, panitia mencabut hak suara seluruh alumni untuk memilih.

"Sejarah telah mencatat bahwa pembajakan demokrasi adalah sebuah pelanggaran serius terhadap humaniora. Bahkan karena tatanan demokrasi pula, ilmu pengetahuan berkembang begitu pesatnya," kata Juru Bicara (Jubir) Komunitas Alumni Cinta IKA UNPAD yang Demokratis, Dedi Heriadi Faperta 86 dalam keterangannya, Rabu (23/9/2020).

Dedi menyebut, Panitia Mubes telah membuat dan menetapkan sendiri aturan mengenai tata cara pemilihan dalam Surat Keputusan Panitia Mubes sendiri pada tanggal 20 Februari 2020 (SK No. 006/MUBES/IKA-UNPAD/II/2020),dimana secara jelas berdasarkan Pasal 2 menyatakan bahwa sistem pemilihan menggunakan one man one vote (OMOV) dan tidak dapat diwakilkan.

"Sehingga aneh, sekarang panitia menggunakan sistem perwakilan saat kontestasi sudah di ujung pemilihan. Bagaimana logikanya aturan main yang sudah ditetapkan dengan menggunakan AD ART tahun 2016 diubah dengan aturan main dalam AD ART 2020 yang baru saja disahkan pada saat Mubes padahal Mubes X tahun 2020 seharusnya diadakan berdasarkan AD ART 2016," jelasnya.


Dia mengaku sebagai warga alumni UNPAD, sangat kecewa sebab sejak awal menghendaki agar Pemilu IKA Unpad dilakukan secara langsung, satu orang satu suara secara keseluruhan. Karena semua alumni Unpad memiliki suara.

"Bukan diwakilkan pada komda dan komfak, apalagi oleh panitia dikerdilkan lagi. Sebagai bagian dari Alumni menyatakan sangat kecewa karena praktik pembajakan dan pengerdilan demokrasi," tegasnya.

Diketahui Irawati Hermawan, terpilih sebagai Ketua Umum IKA Unpad periode 2020 2024. Ira terpilih berdasarkan hasil voting yang dilakukan dalam Mubes IKA Unpad di Hotel Banana Inn, Bandung, Jumat (11/9/2020) hingga Minggu (13/9/2020).

Pemilihan Ketua Umum Ika Unpad 2020 2024 melalui voting dilakukan oleh 36 perwakilan Komisariat Daerah (Komda) dari nasional maupun luar negeri maupun Komisariat Fakultas (Komfak). Dari enam kandidat Calon Ketum yang ditetapkan panitia Mubes dan Pemilu Raya Ika Unpad, Ira memperoleh suara tertinggi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA