Isu HRS Ditabrak Unta

PA 212: alihkan isu Pilkada maut

IN
Oleh inilahcom
Jumat 25 September 2020
share
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menanggapi kabar menyebutkan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) meninggal dunia karena tertabrak unta di Arab Saudi.

"Jubir HRS telah memberikan klarifikasi bahwa berita itu hoax," kata Novel, Jumat (25/9/2020).

Menurutnya, informasi hoaks demikian sering disebar dalam berbagai versi dengan tujuan mengalihkan isu.

"Seingat saya berita-berita hoax seperti itu sudah sering di sebar dengan berbagai macam versi. Tujuannya untuk pengalihan isu," ujarnya.

Dalam hal ini, Novel menduga kabar hoaks HRS meninggal tertabrak unta merupakan pengalihan isu menggelar Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19.

"Saat ini dibuat untuk mengalihkan isu Pilkada maut yang rezim ini nekat tetap menyelenggarakan padahal telah menyimpang dari aturan dan hukum apapun," tandasnya.

Sebelumnya, narasi soal Habib Rizieq meninggal tertabrak unta itu diunggah oleh akun Facebook bernama Yoga Howedes. Disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi saat acara balapan unta di Arab Saudi.

Akun itu membagikan foto tangkapan layar media online Amerika Serikat, New York Times yang diberi judul ''HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi' yang tayang pada 20 September.

Namun berdasarkan cek fakta yang dilakukan oleh situs Turn Back Hoax pada Selasa 22 September 2020, dinyatakan bahwa informasi tersebut palsu alias hoaks.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA