Tingkatkan Literasi, BI Corner Sasar Kampus ISTN

IN
Oleh inilahcom
Selasa 22 September 2020
share
 

Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia di bawah Bank Indonesia membuat program Bi Corner sebagai upaya meningkatkan literasi di kalangan mahasiswa. Kali ini BI Corner menyasar kampus ISTN Jakarta.

Peresmian BI Corner dilaksanakan secara daring yang dihadiri oleh jajaran pimpinan ISTN. Acara diawali dengan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Trini Haryanti, selaku Ketua Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, yang mewakili penerima manfaat BI Corner Tahun 2019/2020.

"Hubungan kerjasama tidak akan berhenti pada peresmian saja, namun akan berlanjut pada kesempatan di waktu-waktu yang akan datang," kata Trini dalam keterangan tertulis, baru-baru ini.

Hadir juga dalam kesempatan itu Onny Widjanarko, selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia yang menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung dunia pendidikan agar masyarakat dapat lebih jauh mengenal Bank Indonesia. Onny mengatakan, bahwa bangsa Indonesia maju karena proses belajar dan mengajarnya lancar, serta wawasannya dapat semakin luas.

Peresmian BI Corner dipimpin langsung oleh Onny Widjanarko dengan simbol pengguntingan pita, dilanjutkan dengan pemberian cinderamata serta pemotongan tumpeng, lalu memutar film Program Sosial Bank Indonesia.

Acara dilanjutkan Kembali dengan pengenalan Quick Response Code Indonesia standard (QRIS) yang dipresentasikan oleh Dinantya, dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Digitalisasi telah merevolusi seluruh segi kehidupan dan juga digitalisasi sudah mempengaruhi pereknomian dalam segala aspek termasuk dalam bidang keuangan. Dalam kesempatan itu dikenalkan pula QRIS yang dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

BI Corner yang merupakan wahana ruang baca bagi mahasiswa tidak hanya menyediakan ratusan buku untuk dibaca mahasiswa, tetapi fasilitas penunjang lainnya pun dilengkapi seperti komputer desktop, layar LCD untuk menunjang informasi dan kenyamanan mahasiswa.

Manfaat yang bisa didapat dari BI Corner yaitu sebagai media literasi, baik dalam bentuk media cetak maupun media digital yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh akademisi yang ada di ISTN. Untuk media cetak terdapat 350 judul buku terdiri dari 250 judul teks Indonesia dan 100 judul teks Bahasa Inggris. Untuk e-book, seluruh akademisi dapat mengakses perpustakaan digital milik Bank Indonesia yang menyediakan e-book dengan berbagai macam kategori yang bisa dipinjam dan dibaca secara virtual.

Rektor ISTN Lili Musnelina mengatakan, kerja sama positif seperti ini terus kita tingkatkan karena azas manfaatnya sangat banyak.

"Kita mengharapkan dengan adanya BI Corner, dapat meningkatkan minat baca mahasiswa ISTN sehingga pengetahuannya bertambah, mencerdaskan pola berfikir, mencerahkan pandangan masa depan dan terbiasa dengan nuansa akademik," katanya dalam kesempatan yang sama.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA