Viral Suara Wanita Tertawa Saat Pemakaman Jenazah

IN
Oleh inilahcom
Minggu 27 September 2020
share
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Mojokerto - Sebuah video berdurasi 1 menit viral di media sosial (medsos). Dalam video tersebut terlihat prosesi pemakaman jenazah yang dilakukan petugas dengan menggunakan protokol Covid-19 di salah satu area pemakaman yang ada di Kabupaten Mojokerto beberapa waktu lalu.

Namun dalam rekaman video yang diambil warga tersebut terdengar dua kali suara perempuan tertawa. Video tersebut viral sejak Kamis (17/9/2020) lalu. Dalam video tersebut, melibatkan tujuh petugas pemakaman Covid-19 dari relawan Palang Merah Indonesia (PMI), satu diantaranya perempuan.

Tim puskesmas tiga orang dan satu pihak keluarga. Petugas mengenakan baju hazmat dan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap ibawah sorotan lampu penerangan yang berada persis di atas liang kubur. Terdengar dua kali suara perempuan tertawa, meski dihadiri sejumlah pihak keluarga di sekitar makam, namun semuanya laki-laki.

Hanya terdapat satu orang perempuan yakni salah satu petugas. Tiba-tiba dalam rekaman tersebut di menit 0,6 dan 0,16, terdengar suara perempuan tertawa lirih bersamaan saat petugas mengangkat peti jenazah menuju tatanan kayu di atas liang lahat.

Sementara lokasi pemakaman tersebut jaraknya jauh dari pemukiman masyarakat setempat yakni kurang lebih sekitar 100 meter. Sedangkan, jarak lokasi liang lahat dari pintu masuk pemakaman sekitar 50 meter. Peti jenazah berada di atas liang kubur dan dilakukan salat jenazah di lokasi pemakaman.


"Dalam pelaksanaan pemakaman tidak ada suara itu, kita tidak mendengar dan lokasi pemakaman berada jauh dari pemukiman. Kami baru tahu video itu setelah mendapatkan kiriman video melalui WA (whatsapp), Kamis minggu lalu. Yang merekam video itu warga yang ada di lokasi," ungkapnya, Sabtu (26/9/2020).

Masih kata Kasi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Mojokerto, tidak ada perempuan di lokasi pemakaman kecuali satu petugas pemakaman. Sehingga tidak mungkin petugas perempuan tersebut tertawa saat proses pemakaman yang sakral tersebut. Ia sendiri mengetahui setelah mendapatkan video tersebut.

"Memang ada yang keganjilan karena suara tertawa perempuan ini tidak terlalu keras begitu. Kita menanggapi positif saja dalam menyikapi rekaman dalam video itu, mungkin ini merupakan produk teknologi. Bisa saja dubbing atau lainnya," ujarnya. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA