Resesi Ekonomi Masuk RI

Kabar Baik Bang Sandi, Ekonomi Pulih Akhir Tahun

IN
Oleh inilahcom
Selasa 29 September 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tak sedang bercanda, pengusaha muda sekaligus pencetus OK-OCE, Sandiaga Uno berani meramal perbaikan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2020. Artinya, resesi ekonomi tak perlu lama-lama.

Namun, kata Sandi, sapaan akrab mantan Wakil Gubernur DKI ini, ada syaratnya. Pemerintah berhasil menekuk pandemi COVID-19 yang hingga kini terus meningkat.

"Prediksi saya, kuartal IV kita sudah rebound (bangkit). Kuncinya simpel dan mungkin terdengar klise yaitu selalu terapkan pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan," kata pria yang selalu terlihat semringah ini dalam Webinar Indonesia Young Entrepreneur Summit (IYS) Goes To Campus, Selasa (29/9/2020).

Dia berharap, pemulihan ekonomi terjadi di level pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Untuk itu, pelaku usaha harus lebih baik dan lebih tangguh karena berpengalaman dalam menghadapi pandemi. "Untuk UMKM, mereka harus punya nilai dan orientasi kewirausahaan, antara lain motivasi untuk sukses, mengambil keputusan dengan berani, berani tampil beda, dan proaktif," ujar Sandiaga.

Kader Partai Gerindra ini mengungkapkan, banyak pengusaha yang mengeluh dan galau diterpa pandemi. Padahal selalu ada peluang di tengah krisis. "Kunci ke depannya adalah fokus, fokus terhadap apa yang kita kerjakan. Jangan sampai kita tidak ambil peluang, karena kesuksesan hanya menghampiri orang-orang yang selalu bergerak," kata Sandiaga.

Dalam acara yang diselenggarakan Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan (Uniwara), Jawa Timur, Selasa (29/9/2020), Sandi berbagi jurus agar pengusaha tetap eksis di tengah lesunya perekonomian sebagai dampak pandemi COVID-19.

Pertama, kata Papa Online ini, pengusaha wajib memelihara motivasi untuk sukses. Kedua, berani mengambil keputusan. Pedoman ketiga yakni berani tampil beda. Sementara itu pedoman keempat yakni pro aktif. Kelima, fokus dengan apa yang dikerjakan.

Dirinya meyakini, dengan berbagai upaya, perekonomian Indonesia akan kembali bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19. "Saya prediksi ekonomi kita akan rebound di kuartal keempat (2020)," ujarnya.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA