Hari Kesaktian Pancasila, Ini Kata Jokowi

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kamis, 1 Oktober 2020 diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini dilakukan secara rutin, guna mengingatkan rakyat Indonesia guna mengetahui sejarah bangsa.


Tepat di hari Kesaktian Pancasila, Preisden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk pernah dihadapi bangsa ini, dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi, sampai pandemi Covid-19 saat ini.


"Semua tantangan itu kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila," tulis akun Twitter @jokowi, dikutip Kamis (1/10/2020).

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.

Dimana diketahui pada peristiwa 30S/PKI, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu Partai Komunis Indonesia. Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA