Warga Depok, Waspadai Klaster Keluarga Covid19

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Depok - Klaster keluarga kini menjadi potensi baru penyebaran Covid19 di wilayah Depok, Jawa Barat. penularan di wilayah tempat tinggal kini mulai mendominasi sebaran kasus Covid-19 di Depok.

"Jadi, pada minggu ke 29 ke belakang itu mayoritas (kasus Covid-19 di Depok merupakan) imported case. Pada minggu ke-30 saat ini, kasus yang mendominasi mayoritas sekarang sudah penularan di level keluarga," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

Tingginya penularan virus corona di level keluarga tak terlepas dari dominasi kasus impor selama beberapa pekan sebelumnya. Aktivitas warga yang longgar membuat mereka kemungkinan tertular virus corona di luar rumah, kemudian menularkannya ke keluarga begitu tiba di rumah.

"Kontribusi terbesar adalah dari imported case. Jadi kasus-kasus dari luar di minggu kemarin, bergerak ke transmisi lokal di level keluarga saat ini," lanjut Dadang.

Ia mengingatkan warga agar tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan di tengah lonjakan demi lonjakan kasus Covid-19 di Depok. Selain itu, Dadang mengklaim bahwa Pemerintah Kota Depok akan kian gencar menerapkan penegakan hukum bagi pelanggaran protokol kesehatan.

Depok kini berada diposisi teratas penyumbang kasus positif Covid19 di Jawa Barat. Total sudah mencapai 4.320 kasus.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA