Ini Alat-alat Yang Dipakai Napi Kabur Dari Sel

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Sederet fakta mengejutkan mulai terkuak dari pelarian terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan yang sempat menghebohkan karena sosoknya terekam CCTV saat kabur dari sel.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pollisi menemukan pompa air dan selang yang digunakn Changpan untuk menyedot air dari galian atau terowongan yang dibuatnya diLapas Kelas 1 Kota Tangerang.

"Pompanya dia pakai untuk pompa air," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus Rabu (30/9/2020).

Alat lain yang ditemukan polisi dalam penyelidikanya adalah sekop, pahat dan obeng yang digunakan untuk menggali. Alat-alat tersebut kemungkinan dari lokasi proyek pembuatan dapur di dalam penjara. Apalagi pada saat itu ada pembangunan dapur yang ada di dalam sel.

Butuh 8 bulan Changpan menggali terowongan untuk tembus keluar lapas."Kita akan dalami itu, bagaimana yang bersangkutan bisa mendapatkan alat-alat tersebut," ungkapnya.

Fakta lain yang didapatkan polisi, Changpan kabur sambil membawa handphone."Saat itu kita ambil keterangan teman satu sel yang merupakan napi asal Singapora menyampaikan memang yang bersangkutan sudah melarikan diri, bahkan sempat membawa hp dari teman satu kamar tersebut," terang Kombes Yusri.

Menurut Yusri, polisi bersama tim khusus lapas masih melakukan pengejaran kepada napi tersebut. "Kami sudah bekerja bersama-sama 6 tim yang kita bentuk dari Polda Metro Jaya," ucapnya

"Tim dipimpin langsung Dirkrimum Polda Metro dan Dirnarkoba Polda Metro jaya bersama Polres Tangerang kota, dan Tim khusus dari lapas untuk mengejar dan melakukan penangkapan napi tersebut," pungkasnya.

Sebagai informasi, Cai Changpan divonis mati oleh Pengadilan Negeri Tangerang pada 19 Juli 2017 karena kasus narkoba. Terpidana mati ini lantas mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Banten pada 28 September 2017, tapi ditolak.

Cai Changpan divonis bersalah atas kasus narkoba jenis sabu dengan barang bukti 1.135 bungkus plastik. Dalam putusan pengadilan, total berat sabu tersebut mencapai 135 kilogram.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA