Dibiayai APBN

Kominfo Siap Pasang Internet Gratis 12 Ribu Desa

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) siap membangun infrastruktur digital hingga pelosok pedesaan. Targetnnya dua tahun, 12.508 desa tersambung internet.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo, Ismail membeberkan adanya program pembangunan infrastruktur digital di lebih dari 12 ribu desa tertinggal. "Program ini diharapkan bisa memberikan dampak positif kepada saudara-saudara kita di pedesaan, khususnya yang 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Bisa mendukung aktivitas perekonomian, ilmu pengetahuan dan banyak hal," papar Ismal dalam Forum Group Discussion (FGD) Branding Image Kominfo di Hotel Salak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/10/2020).

Untuk desa yang termasuk 3T yang menurut Ismail, jumlahnya sekitar 3.435 desa, pemerintah hadir untuk memberikan internet gratis yang berkualitas. "Pemerintah harus hadir untuk memudahkan warga di desa 3T dengan memberikan layanan internet gratis yang 4G. Mungkin perlu waktu dua tahun yakni 2021 dan 2022," terang Ismail.

Untuk program internet masuk desa ini, lanjut Ismail, menelan dana puluhan triliun yang berasal dari APBN. Setelah terbangun infrastrukturnya, operasionalnya diserahkan kepada operator telekomunikasi yang beroperasi di tanah air. "Setelah kita bangun infrastrukturnya, operasional diserahkan kepada operator. Itu khusus desa yang tertinggal ya," terang Ismail.

Sementara, Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI Kominfo Denny Setiawan menerangkan, program internet gratis untuk pedesaan ini digarap oleh Badan Layanan Umum (BLU) milik Kominfo yakni Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). "Nantinya memanfaatkan satelit yang memancarkan internet semacam wifi di lokasi tempat berkumpulkan warga desa," ungkapnya.

Diterangkan Deny, berdasarkan data Kemendes PDTT, Indonesia memiliki lebih dari 12 ribuan desa. Sebanyak 9 ribuan desa non 3T, sisanya yang 3 ribuan desa termasuk 3T. "Di desa yang 3T inilah pemerintah hadir dengan membangun internet gratis yang berkualitas. Sementara 9 ribu desa non 3T, internetnya diserahkan kepada operator," ungkapnya.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA