Jalur Pendakian Gunung Semeru Resmi Mulai Dibuka

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 Oktober 2020
share
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Lumajang - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq membuka jalur Pendakian Gunung Semeru setelah hampir selama satu tahun ditutup akibat adanya kebakaran hutan di kawasan Gunung Semeru dan mewabahnya pandemi Covid-19, Kamis (01/10/2020).

Pembukaan dimulai dengan pemanjatan doa oleh dukun suku Tengger di pinggir Ranu Pani, Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro. Dilanjutkan pemotongan pita tanda pendakian dimulai oleh orang nomer satu di Lumajang.

"Ini tidak dibuka full 100 persen, mekanismenya ada di TNBTS melalui online, yang mendapatkan akses dan izinlah yang boleh mendaki," ujar Bupati

Masih kata dia, pendaki harus melalui tahapan-tahapan sebelum mendaki, termasuk harus menjalani tes kesehatan untuk memastikan pendaki sehat dan todak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

"Kita siapkan dari Dinkes untuk cek kesehatan, sebelum mendaki wajib melalui proses cek kesehatan termasuk memastikan penerapan protokol kesehatan," jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), John Kenedie menjelaskan, pendakian dibatasi 20 persen dari daya dukung atau sekitar 120 pendaki setiap harinya. Masyarakat yang ingin mendaki dapat booking secara online melalui situs TNBTS.

"Aturannya 20 persen dari daya dukung 600 jadi 120," ungkapnya.

Rombongannya minimal 3 dan tidak boleh lebih dari 7, harus membawa masker di batasi sampai Kalimati selama 2 hari 1 malam. Pelaksanaan pendakian akan dilakukan evaluasi 2 mingguan. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA