BUMD Pengolahan Gas Diprotes Masyarakat

IN
Oleh inilahcom
Rabu 07 Oktober 2020
share
 

Masyarakat Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan aksi demonstrasi menuntut penggantian Dirut PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM), BUMD milik Pemerintahan Kabupaten Bekasi yang bergerak di bidang pengolahan gas, Selasa (6/10/2020).

Protes dilakukan di depan kantor PT BBWM Jalan Raya Pertamina, Kedungjaya, Kecamatan Babelan, Bekasi. Dalam aksinya warga menyebut direksi yang ada saat ini tidak memiliki keperdulian terhadap masyarakat, dan tidak mampu memperbaiki kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.

"Kami mendesak kepada Bupati Bekasi sebagai pemangku kebijakan untuk mengganti dirut yang tidak becus bekerja," kata Suhermin, koordinator aksi massa.

Aksi ratusan masyarakat Babelan ini dilakukan dengan membawa berbagai poster, antara lain bertuliskan "Ganti Dirut PT BBWM", "CSR Buat Masyarakat Bukan Buat Oknum, lakukan Program Gas Murah bagi Masyarakat", dan lainnya.

Menurut Suhermin, masyarakat sudah beberapa kali melakukan protes antara lain pada 3 Februari 2020 di lokasi kilang, dan pada 24 September 2020 dengan berupaya menemui Bupati Bekasi namun hanya bertemu Asda II dan Kabag Ekonomi, dengan hasil yang menurut masyarakat tidak memuaskan.

Jika tetap seperti ini, kata Suhermin lagi, jangan salahkan masyarakat jika terpaksa nanti melakukan aksi lebih nekat dengan melakukan penyelan dan menahan kendaraan tangki gas yang masuk ke Babelan.

"Kalau aspirasi masyarakat tidak didengar, kita akan melakukan penyegelan, dan kita tahan tidak ada tangki gas masuk ke sini," ujar Suhermin.

Anehnya, lanjut Suhermin, Dirut PT BBWM pernah menyebut bisnis gas sudah tidak menarik lagi, sehingga dia mengarahkan perusahaan ini untuk membangun hotel.

"Kan aneh, PT BBWM malah mau bangun hotel," katanya.

Demikian juga, dia menilai, direksi tidak memiliki kepedulian pada implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD, bahwa pendirian BUMD bertujuan untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian Daerah, dan bagi masyarakat sekitar, dan dikelola berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA