Bea Cukai Mataram Canangkan ZI Menuju WBK

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 10 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Mataram - Bea Cukai Mataram melaksanakan pencanangan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), yang diikuti oleh seluruh stakeholder dan instansi terkait, di Aula Kantor Bea Cukai Mataram dan melalui video conference, pada Rabu (7/10/2020).

Pencanangan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BAPPENDA, Pimpinan Medana Bay Marina, Kepala Kantor Pos Mataram dan Kepala BKIPM Mataram serta perwakilan instansi pemerintah lainnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, I Putu Alit Ari Sudarsono dalam sambutanya menyampaikan bahwa proses pembangunan zona integritas di Bea Cukai Mataram membutuhkan kerja keras secara konsisten oleh semua pihak. "Semuanya harus memiliki komitmen yang kuat dan budaya kerja yang baik sehingga keberhasilan pembangunan zona integritas dapat dicapai," ujarnya.

Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang berhasil mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Terdapat beberapa tahapan pembangunan zona integritas, dimulai dari pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian, dan penetapan menjadi WBK dan WBBM.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB dan NTT, Hendra Prasmono mengungkapkan bahwa pencanangan ini adalah langkah awal dari rangkaian panjang satu tahun ke depan. Pembangunan zona integritas harus dilaksanakan dari semua lini yaitu pelayanan, fasilitas, penerimaan negara maupun pengawasan. Menurutnya, hal ini dapat mengubah pola pikir dan pola sikap yang nantinya akan menjadi budaya kerja pegawai.

Pembangunan ZI ini, jelas Hendra, merupakan suatu tantangan di tengah pandemi agar Bea Cukai Mataram tetap dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dengan tidak mengenyampingkan protokol kesehatan. "Upaya ini tidak akan terwujud tanpa dukungan dari para stakeholder sekalian. Dalam hal ini, Bea Cukai Mataram sangat terbuka atas kritik, saran, dan pengaduan dari Bapak Ibu, agar pelayanan kita menjadi semakin baik," ungkap Hendra.

Diharapkan dengan dilaksanakanya kegiatan ini, seluruh pegawai menjadi bersemangat dan lebih gigih dalam melaksanakan semua pelayanan yang bebas dari KKN. "Melakukan reformasi birokrasi dengan menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan," pungkas Hendra. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA