Djoko Tjandra Jalani Sidang Perdana Hari Ini

IN
Oleh inilahcom
Selasa 13 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Timur dijadwalkan menggelar sidang perdana kasus pelarian buron Tjoko Tjandra. Selain Djoko, Anita Kolopaking serta Brigjen Prasetio Utomo juga akan menjalani sidang perdana.

Sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan itu akan digelar secara bersamaan di PN Jakarta Timur. Menurut jadwal, sidang diagendakan sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, pengacara Djoko Tjandra, Soesilo Aribowo mengaku kliennya sudah menerima surat dakwaan dari jaksa penuntut umum. Kliennya siap menghadapi surat dakwaan. Kendati demikian, Soesilo belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut apakah akan mengajukan eksepsi atau tidak usai mendengarkan surat dakwaan jaksa.

"Pak Djoko Tjandra kayaknya juga sudah menerima surat dakwaan. Kita dengarkan nanti surat dakwaan Jaksa ya," kata Soesilo ditemui di PN Jakarta Pusat, Senin (12/10/2020) malam.

Dalam perkara kasus surat jalan palsu, Djoko Tjandra disangkakan melanggar Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP, Pasal 426 KUHP, dan Pasal 221 KUHP. Dia diancam hukuman lima tahun penjara.

Sedangkan, Brigjen Prasetijo disangkakan Pasal 263 Ayat 1 dan 2 KUHP jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1e KUHP, Pasal 426 KUHP, dan/atau Pasal 221 Ayat 1 dan 2 KUHP. Jenderal bintang satu itu diancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

Sementara, Anita Kolopaking dijerat dengan Pasal 263 Ayat (2) KUHP terkait penggunaan surat palsu dan Pasal 223 KUHP tentang upaya membantu kaburnya tahanan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA