Soal Hak Paten, Karyawan Gelar Unjuk Rasa

IN
Oleh inilahcom
Kamis 15 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Puluhan karyawan PT Trimitra Swadaya, PT Daco Jaya Abadi dan PT Cheko Sentosa melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Kementrian Hukum dan HAM, Jl. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (15/1/2020). Kehadiran para karyawan tersebut menuntut dicabutnya hak paten bubble wrap yang diklaim oleh PT GMP Bubble Wrap.

Saat aksi berlangsung, tim kuasa hukum ketiga perusahaan itu juga tengah memgikuti persidangan gugatan hak paten di Komisi Banding Kementrian Hukum dan HAM. Sidang dilakukan secara tertutup.

Marloncius Sihaloho, Kuasa hukum pemohon, menjelaskan tidak adanya itikad baik dari PT GMP dengan mempatenkam sertifikat sederhana dikarenankan igin memonopoli pasar.

"Sementara berdasarkan keterangan saksi ahli paten dalam persidangan mengungkapkan bahwa Hak Paten tersebut hanya akan merugikan masyarakat karena monopoli tersebut," kata Marloncius melalui keterangan yang diterima.

"Selain itu masyarakat juga tidak dapat bekerja lagi," tambah saksi ahli Paten, Prof. Haswin.

Sri Utami, Konsultan Kekayaan Intelektual mengatakan, paten tersebut tidak dapat diberikan.

"Menurut analisa kami tidak jelas, dan tidak baru. PT GMP tidak layak dapat paten dan harus dibatalkan, seharusnya gugur," tutupnya.

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA