Plt Bupati Jember Akui Ada Pejabat Diperiksa KPK

IN
Oleh inilahcom
Jumat 16 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jember - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Abdul Muqiet Arief membenarkan adanya sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten, Jawa Timur, yang diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Namun dia mengaku tidak tahu nama-nama pejabat itu.

"Tidak ada (surat pemberitahuan dari KPK). Surat itu langsung kepada yang bersangkutan. Katanya, biasanya surat KPK ditujukan kepada bupati. Tapi kok sekarang suratnya kepada yang bersangkutan," kata Muqiet.

Sebelumnya, juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan bahwa ada kegiatan di Jember menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya dugaan korupsi. "KPK akan meminta keterangan beberapa pihak di lingkungan Pemkab Jember," katanya via pesan WhatsApp kepada sejumlah wartawan.

Fikri tidak bersedia memberikan keterangan lebih lanjut. "Karena masih proses penyelidikan maka mengenai materinya saat ini belum bisa kami sampaikan, dan nanti pada waktunya akan kami informasikan lebih lanjut perkembangannya," katanya.

KPK memang sejak beberapa waktu lalu turun ke Jember untuk melakukan investigasi dugaan korupsi di sana. Beritajatim.com pernah memberitakan pada Senin (27/7/2020), salah satu obyek penyelidikan KPK adalah pengadaan pelampung nelayan. Jaket pelampung ini diadakan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jember Tahun 2018.

Bahkan, sempat terungkap penghadangan terhadap tiga orang petugas KPK oleh warga di daerah Sukowono, pertengahan Februari 2020. Mereka dikira penculik dan sempat dibawa ke Kepolisian Resor Jember. Saat itu memang di kalangan wartawan beredar foto surat surat perintah penyelidikan nomor Sprin.Lidik-35/01/02/2020 tertanggal 7 Februari 2020.

Dalam surat itu, R, warga Sukowono, diminta bertemu tim di kantor KPK, Selasa (25/2/2020). Dia dimintai keterangan soal dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya. Ini terkait dengan penggunaan anggaran di Jember. [beritajatim]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA