Ini Perkembangan Kasus John Kei

IN
Oleh inilahcom
Selasa 20 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tersangka kasus perusakan disertai percobaan pembunuhan, John Kei sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Meski demikian, Kejaksaan menitipkan John Kei di Rutan Polda Metro Jaya.

"Kita telah menerima tersangka dan barang bukti dan untuk 20 hari ke depan dilakukan penahanan, perpanjangan penahanan selama 20 hari ke depan di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya," kata Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nirwan Nawawi, Senin (19/10/2020).

Nirwan mengatakan selama 20 hari itu jaksa penuntut umum (JPU) akan menyusun dakwaan. John Kei dihadirkan di persidangan setelah dakwaan dianggap memenuhi syarat formil dan materiel.

"Pasal yang kita terapkan mulai dari Pasal 340 itu ancaman yang paling berat, setelah itu Pasal 338 setelah itu Pasal 170 KUHP dan kepemilikan senjata api dan senjata tajam. Semua bergradasi seperti disampaikan bahwa inilah bentuk dakwaan subsidaritas atau kombinasi," ungkap Nirwan.

Diketahui, John Kei bersama anak buahnya menyerbu rumah Nus Kei di kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat, dan Green Lake City, Tangerang pada Minggu siang, 21 Juni 2020. John Kei dan 29 anak buahnya ditangkap setelah aksi tersebut.

John Kei dan anak buahnya dijerat Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Tindak Pidana Penyalahgunaan Senjata Api, Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, Pasal 169 KUHP tentang Pemufakatan Jahat, Pasal 170 KUHP tentang Pengeroyokan dan Pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA