Terkuak Modus Power Bank Berisi Sabu

IN
Oleh inilahcom
Selasa 20 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Surabaya - IW (43) tak berkutik saat kepolisian mengamankannya di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Menurut kepolisian, IW diketahui hendak mengambil paketan berupa power bank yang dikirim dari Malaysia. Hanya saja, petugas Bea dan Cukai Tanjung Perak mengetahui jika barang kiriman ini terdapat sabu-sabu di dalamnya.

Usai mengetahui hal itu, petugas Bea dan Cukai menghubungi Satnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Hingga akhirnya petugas menunggu pengambil paket berisi narkoba tersebut.

"Nah pas kita tunggu yang mengambil paket ternyata adalah IW. Kemudian IW kita amankan dan interogasi bahwa dia bersama MS (50). Kita juga mengamankan MS karena menyuruh IW mengambil paketan berisi sabu ini," papar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Gannis, saat gelar perkara di Mapolres.

Usai mengamankan IW dan MS, petugas mendapati keduanya berkomunikasi bersama DW. Melalui sambungan ponsel pribadi, DW meminta MS mengambil paketan tersebut. Karena tergiur memperoleh mobil Honda Jazz, MS pun setuju mengambil paketan.


Sampai akhirnya MS bertemu dengan IW untuk menjadi kurir mengambil paketannya. IW juga tergiur dapat sepeda motor jenis Honda Beat jika berhasil mengambil paketan itu. Dari aksi ini, petugas masih mengembangkan pelaku lain. Seperti yang dijelaskan petugas, IW dan MS merupakan warga Pamekasan, Madura.

"Alamat pengiriman sabunya ke Dusun Waru, Kecamatan Waru Timur, Pamekasan Pulau Madura. Kita juga masih menyelidiki pelaku DW yang sampai saat ini masih DPO," paparnya.

Sementara itu, Aris, Kepala Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjelaskan, selama 2020 pihaknya mengamankan sabu sebanyak 9 kali. Dari total pengamanan teraebut petugas berhasil menyita total ada 30 kg sabu.

Pihaknya menegaskan, petugas jaga akan ketat dan profesional dalam memberantas penyelundupan narkoba. Sehingga mau disembunyikan paka modus apapun petugas jaga mengetahui jika ada sabu atau sejenisnya. "Tetap ketahuan mau pakai modus power bank atau yang lainnya. Sebelumnya bahkan ada yang pake cat dan pake mainan. Tetap kita akan tindak dan serahkan ke Polri," tandasnya.

Selain menggelar perkara dua pelaku penyelundupan dengan modus power bank, petugas juga menggelar perkara penyalahgunaan barang haram ini. Bahkan tercatat ada total 5 pelaku dengan barang bukti total ada 1.229 gram atau setara dengan 1,2 kg sabu. Para pelaku akan dijerat dengan pasal 114. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA