Tahun Pertama Periode ke-2

P3S : Jokowi-Ma'ruf Perlu Tutup Lubang-lubang

IN
Oleh inilahcom
Selasa 20 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie mengatakan, satu tahun pemerintahan Jokowi dan Ma' ruf Amin tersandera dengan UU Omnibus Law Cilaka.

Dia menyarankan, agar UU Ciptaker dipelajari lagi oleh para staf ahli Presiden mana yang bermasalah dan tidak, begitu juga yang merugikan buruh dan elemen masyarakat lain. Lalu perkuat tim ekonomi.

"Saya lihat ini baik tapi disaat menyusun perlu melibatkan lembaga terkait, pakar-pakar di bidang masing-masing. Lantaran ini pertama di Indonesia dan 70 Undang-undang yang digabung," kata Jerry, Selasa (20/10/2020).

Menurut Jerry, perlu juga Jokowi menegur keras para bawahannya serta mereshuffle menteri yang berkinerja buruk. Kemudian komunikasi publik pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama setahun ini perlu dievaluasi karena terkesan lemah.

"Untuk Jubir jangan semua bicara. Saran saya Mensesneg Pratikno dilibatkan saja sebagai jubir. Saat ini ada banyak yang bicara. Baru para kabinetnya harus tahan diri. Jangan bicara bukan tupoksinya," saran dia.


"Jadi di tahun pertama periode ke-2 Jokowi-Ma'ruf perlu menutup lubang-lubang, dan juga lebih paham isi hati rakyat. Win-win solution rakyat yang pilih dan dukung jadi harus balance (seimbang), rakyat juga perlu di dengar. Jangan juga anti kritik, kalau masukan yang konstruktif tak masalah. Ini kan era reformasi jadi keterbukaan sangat utama," pungkasnya.


BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA