Asfinawati Soroti Pernyataan Doni Monardo

IN
Oleh inilahcom
Rabu 21 Oktober 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati, menyoroti pernyataan Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) bertajuk 'Setahun Jokowi-Ma'ruf: Dari Pandemi sampai Demonstrasi' di tvOne Selasa 20 Oktober 2020.


"Pada awal Agustus 2019 yang mengatakan 99% kebakaran hutan dan lahan itu akibat ulah manusia 80% di kebun. Apa kaitannya dengan Omnibus Law Cipta Kerja ?," tanya Asfinawati, dalam acara ILC.


Menurut dia, Omnibus Law Cipta Kerja itu melemahkan strict liability yaitu pertanggungjawaban yang tidak perlu melihat kausalitas hubungan antara kejahatan lingkungan atau masalah lingkungan, apakah ada hubungan kausal nya dengan orang yang melakukan eksplorasi di lahan tersebut.

"Omnibus Law melemahkannya dengan menghilangkan tanpa pembuktian unsur kesalahan," tandasnya.

Dia juga menyoroti soal adanya peningkatan nilai tambah batubara di salah satu pasal Omnibus Law, dimana perusahaan yang melakukan peningkatan nilai tambah batubara akan mendapat pengenaan 0% royalti.

"Bagaimana pengaturannya ? tidak ada yang tahu bahkan DPR dan pemerintah juga tidak tahu, kenapa karena akan diatur dengan peraturan pemerintah. Peraturan pemerintahnya belum ada, peraturan pemerintah bisa berganti-ganti. Apakah ini adalah sebuah kepastian hukum pasti tidak," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA