Sawit Sejahtera, BPDPKS Pelopori Grant Riset 2020

IN
Oleh inilahcom
Rabu 21 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) terus melakukan program penelitian dan pengembangan perkebunan kelapa sawit dari aspek hulu hingga hilir.

Hal itu disampaikan Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrahman dalam rilis di Jakarta, Rabu(21/10/2020). Dia bilang, pengembangan riset dilakukan demi penguatan, pengembangan, dan peningkatan pemberdayaan perkebunan dan industri kelapa sawit nasional yang saling bersinergi agar terwujud perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Intensifikasi kegiatan riset di bidang kelapa sawit, kata Eddy, dilakukan secara komprehensif dan hasil risetnya dipublikasikan secara masif, baik kegiatan di tingkat nasional maupun internasional. "Dalam melaksanakan pengembangan dan penelitian sawit, diperlukan dukungan riset yang kuat dan terarah dengan baik serta dengan pendanaan yang cukup," kata Eddy.

Dia bilang, program Grant Riset Sawit 2020 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan di Indonesia, menjadi salah satu upaya dalam rangka peningkatan penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan tersebut.

"Penelitian dan pengembangan yang dimaksud harus mampu memberikan solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh industri kelapa sawit saat ini, seperti peningkatan produktivitas atau efisiensi, peningkatan aspek sustainability dan awareness terhadap lingkungan, serta mendorong penemuan atau inovasi produk atau pasar baru," ungkapnya.

Dalam program Grant Riset Sawit 2020, lanjut Eddy, diseminasi hasil riset yang ditampilkan yakni bidang bioenergi, agricultural practices, bio-material dan pangan atau kesehatan, waste management, sosial ekonomi, dan supply chain.
Diseminasi hasil riset tersebut dipaparkan dalam Webinar Pekan Riset Sawit Indonesia (Perisai) 2020 yang akan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di YouTube Channel BPDP Sawit pada 20 Oktober 2020.

Tidak hanya itu, diseminasi hasil riset juga akan ditayangkan dalam Liputan Khusus Prime Talk di Metro TV pada 22 Oktober 2020. Mengusung Tema Mahakarya Inovasi Sawit Nasional "Fastering Innovation for Oil Palm Sector Resilience Facing Covid-19 Pandemic", Webinar Perisai 2020 akan dibuka Direktur Utama BPDPKS, Eddy Abdurrachman dengan menghadirkan keynote speaker yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dan speaker Direktur Eksekutif PASPI, Tungkot Sipayung. "BPDPKS berharap hasil dari kegiatan penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh Industri kelapa sawit sehingga dapat masuk pada tahap komersialisasi," paparnya.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA