Perintah Presiden Jokowi

Tahun Depan, Kominfo Bangun Internet untuk Rakyat

IN
Oleh inilahcom
Senin 26 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus memacu pembangunan infrastruktur digital di Indonesia. Termasuk mendukung edukasi internet kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo, Ismail dalam Forum Grup Discussion (FGD) secara online di Tangerang Selatan, Senin (26/10/2020).

"Perintah Presiden Jokowi cukup jelas. Bahwa infrastruktur digital di Indonesia harus secepatnya dibangun secara merata di Indonesia. Bisa di mana saja, kapan saja dan harganya terjangkau," ungkap Ismail.

Untuk itu, lanjut Ismail, Kominfo melalui BLU Bakti siap membangun infrastruktur digital di lebih dari 12 ribu desa di Indonesia. Rencananya, proyek bernilai puluhan triliun ini dimulai tahun depan. Ditargetkan rampung pada akhir 2022. "Targetnya, akhir 2022 seluruh masyarakat Indonesia bisa mudah mengakses internet," ungkapnya.

Sebanyak 12 ribuan desa yang dimaksud, kata Ismail, terdiri dari 9 ribuan desa yang termasuk 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) dan sisanya yang lebih dari 3 ribu desa termasuk non 3T. "Untuk desa yang 3T BLU Bakti yang membangun. Sedangkan desa yang non 3T diserahkan kepada provider atau operator. Saat ini, kita sedang bicarakan dengan seluruh operator yang beroperasi di Indonesia," paparnya.

Sedangkan Plt Direktur Standarisasi Direktorat SDPPI Kominfo, Indra Utama menegaskan bahwa edukasi terhadap masyarakat terkait implementasi digitalisasi di seluruh Indonesia, cukup penting. Ke depan, masyarakat akan sangat tergantung dengan internet dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk itu, kita terus mendorong sosialisasi digital kepada masyarakat. termasuk membentuk digital talent di seluruh Indonesia. Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden Jokowi Alhamdulillah, responnya sangat positif," paparnya.

Suka atau tidak, kata dia, era digitalisasi atau internet, bakal menjadi kebutuhan di masa depan. Khususnya dari kalangan milenial. Hanya saja, internet haruslah dikembangkan untuk hal-hal yang positif dan produktif. Semisal, mendorong adanya pusat data nasional yang efisien dan valid. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA